Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/07/2015, 03:29 WIB
Silvita Agmasari

Penulis


KOMPAS.com — Cinta tak mengenal bentuk fisik, uang, ataupun usia. Bagi sebagian orang, kalimat tersebut tampak terdengar mustahil. Namun, bagi pasangan asal Uganda, Godfrey Baguma (47) dan Kate Namanda (30), ungkapan tersebut benar adanya.

Baguma, sang suami, mendapatkan predikat "Uganda's Ugliest Man" atau pria paling buruk rupa di Uganda. Predikat tersebut didapat oleh Baguma pada tahun 2002 dalam sebuah kompetisi. Wajah Baguma memang tak seperti manusia normal pada umumnya. Pria berusia 47 tahun ini memang mengalami kondisi medis langka yang akhirnya membuat wajahnya tampak tak simetris.

Hanya sedikit orang yang mau mengikuti kompetisi adu keburukan di Uganda. Namun, bagi Baguma, predikat buruk rupa tidaklah penting. Uang hadiah yang didapat dari kompetisi tersebut dapat ia gunakan untuk membahagiakan keluarganya.

Namun, sayang, pernikahan pertama Baguma harus berakhir saat sang istri berselingkuh dengan pria lain. Hingga beberapa tahun kemudian, ia bertemu cinta sejatinya, wanita bernama Namanda, yang saat ini menjadi istrinya. "Saya sudah memadu kasih bersama dengannya (Namanda) selama empat tahun. Sampai akhirnya, semua orang tahu. Saya tak ingin semua orang melihat kami memiliki anak. Karena jika mereka melihatnya, mereka pasti akan menyuruh Namanda meninggalkan saya," ujar Baguma.

Benar saja, Namanda yang tengah memasuki masa kehamilannya selama enam bulan pergi meninggalkan Baguma. Namun, karena cinta yang dimilikinya, Namanda kembali dua bulan kemudian.

"Saya mengatakan kepadanya bahwa saya tak dapat memilih seperti apa rupa yang saya inginkan. Jika dirinya merasa saya hanyalah beban, saya akan membiarkannya pergi," kata Baguma. Akhirnya, pasangan ini pun menikah pada tahun 2013 dan hingga kini dikaruniai enam orang anak.

Namanda, sang istri, berkata, "Ketika menemukan pria yang Anda rasa tepat sebagai pasangan hidup, jangan dengarkan apa kata orang. Ikutilah suara hati. Uang dan penampilan fisik seharusnya tak pernah menjadi masalah."

Baguma saat ini menafkahi keluarga lewat profesinya sebagai komedian dan penyanyi.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com