Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hampir Separuh Warga Amerika Tak Tahu Jumlah Gaji Pasangannya

Kompas.com - 01/07/2015, 19:09 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


KOMPAS.com - Dalam menjalin hubungan atau mengarungi pernikahan, ada beberapa hal yang sebaiknya Anda ketahui tentang pasangan Anda. Namun, ternyata banyak orang yang tidak tahu banyak informasi penting tentang pasangannya. Di Amerika Serikat, sebuah survei menyatakan bahwa hampir separuh warga tak tahu berapa jumlah gaji pasangannya dalam setahun.

Survei yang baru dihelat tersebut menyebutkan, sebanyak 43 persen warga Amerika Serikat tidak tahu persis berapa jumlah pendapatan pasangannya dalam setahun. Survei tersebut dilakukan oleh Fidelity Investment yang menyurvei lebih dari 2.000 orang dengan status sudah menikah atau tengah menjalani hubungan jangka panjang.

Para responden diajukan pertanyaan tentang bagaimana mereka memikirkan dan membincangkan masa depan keuangan mereka. Hampir tiga perempat responden berpikir bahwa mereka berkomunikasi dengan baik tentang uang dengan pasangan mereka. Akan tetapi, 43 persen responden tidak bisa menyebutkan secara pasti berapa gaji pasangan mereka. Sebanyak 10 persen responden menduga gaji pasangan mereka mencapai 25.000 dollar AS atau setara sekitar Rp 333 juta per tahun.

Berdasarkan laporan CNN Money, ketidaktahuan ini semakin parah dari tahun ke tahun. Kemungkinan, hal ini dikarenakan semakin banyak warga Amerika Serikat yang memilih untuk berwirausaha atau bekerja secara paruh waktu. Akhirnya, menjadi sulit untuk secara akurat melaporkan berapa total penghasilan atau gaji dalam rekap setahun.

Selain itu, bukan hanya gaji yang menjadi masalah. Menurut survei tersebut, sebanyak 36 persen pasangan tidak setuju adanya pembagian aset. Selain itu, separuh dari jumlah responden tidak setuju tentang jumlah uang yang mereka butuhkan saat memasuki masa pensiun. Di samping itu, sepertiga dari jumlah pasangan juga tidak setuju kalau harus menjalani gaya hidup saat ini ketika mereka pensiun nanti.

Dalam sebuah video, pihak Fidelity Investment menyarankan Anda dan pasangan untuk duduk dan berbicara tentang berapa gaji masing-masing, seberapa besar jumlah yang akan ditabung, dan bagaimana kehidupan Anda dan pasangan saat memasuki masa pensiun kelak. Pembicaraan semacam ini memang tidak selalu menyenangkan, namun penting untuk dibicarakan dan direncanakan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com