Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Elsa Jadi Nama Bayi Paling Populer dalam Satu Dekade Terakhir

Kompas.com - 06/07/2015, 17:00 WIB

KOMPAS.com – Ada lebih dari seribu bayi lahir pada tahun lalu dengan nama Elsa di Amerika. Nama yang termasuk pada daftar nama populer di urutan 286, dulunya tidak terlalu diminati bahkan tidak termasuk dalam daftar 500 nama bayi yang diinginkan. Tentunya demam film animasi Disney Frozen di tahun 2013 lalu menjadi pemicu diminatinya kembali nama Elsa.

Agak mengejutkan ketika tokoh adik Elsa yang bernama Anna yang juga menjadi pahlawan sejati dalam film animasi tersebut, tidak mendapatkan popularitas yang sama dalam hal pemakaian nama. Padahal nama Anna sudah dianggap sebuah nama umum dan digunakan banyak wanita hingga anak perempuan mereka.

NYTIMES.COM Daftar Nama Bayi Social Security Administration

Menurut data yang dikumpulkan dari Kartu Jaminan Sosial (Sosial Security Administration/ www.ssa.gov) di Amerika tahun 2014 lalu, merebaknya demam nama tokoh dalam film animasi Frozen di tahun 2013 dapat dengan jelas diprediksi kalau lima tahun dari sekarang, di dalam satu kelas sekolah dasar akan ada sekitar 559 anak perempuan bernama Elsa dan 215 anak perempuan bernama Anna.

Beda halnya dengan nama karakter pria di dalam film animasi Frozen yang dianggap tidak terlalu akrab terdengar. Dari data yang terkumpul  didapat kalau hanya sekitar 32 bayi laki-laki menggunakan nama Kristoff di tahun lalu. Namun begitu, nama karakter lainnya malah lebih terpakai. Seperti Olaf sang boneka salju yang berkarakter ramah, hingga saat ini ada sekitar 22 nama bayi yang menggunakan sebagai nama pertama mereka. Karakter rusa bernama Sven bahkan terbukti lebih populer, lewat data yang dikumpulkan tertulis sebanyak 55 bayi dengan nama Sven telah lahir tahun lalu. Angka tersebut dianggap cukup meningkat setelah hanya sekitar 33 nama saja yang muncul di tahun 2013.

Begitu besar efek yang dibuat oleh sebuah film animasi populer!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com