Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/07/2015, 18:05 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Glamour

KOMPAS.com - Banyak cara yang ditempuh oleh para wanita maupun pria untuk tetap tampil cantik dan awet muda. Sebagian orang menempuh langkah dengan perawatan yang memakan biaya menggunakan botox, facelift, dan bahkan menginjeksikan filler. Namun, ternyata ada cara mudah dan murah agar Anda tetap tampil awet muda.

Sebuah riset terbaru yang dilakukan para ahli di University of Maryland menemukan bahwa rahasia tampil awet muda dapat dilakukan dengan sederhana, yakni cukup berolahraga. Penelitian dilakukan terhadap lebih dari 4.200 orang dewasa berkategori hampir memasuki usia lanjut yang berolahraga secara rutin.

Secara rata-rata, para peneliti menemukan bahwa berolahraga membuat para partisipan tersebut terlihat 25 tahun lebih muda dibandingkan usia kronologikal mereka. Bahkan, para peneliti pun cukup terkejut dengan perbedaan yang ditunjukkan dengan berolahraga.

Seluruh partisipan berkualifikasi untuk bertanding dalam Olimpiade Senior dan setidaknya berusia 50 tahun. Mereka bukan merupakan para atlet profesional, namun mereka tetap fokus melakukan olahraga secara rutin. Namun begitu, para peneliti tidak yakin apakah jenis olahraga turut memberikan pengaruh dan mereka pun berencana melakukan studi lanjutan.

Memang, selama ini ada pandangan bahwa kebugaran dapat dibentuk dan penampilan yang menarik dapat diperoleh dengan mengonsumsi makanan sehat. Namun begitu, berdasarkan studi ini, berolahraga terbukti ampuh dan dapat menjadi pilihan Anda untuk tetap tampil awet muda.

Penelitian ini dapat menjadi acuan dan informasi bagi Anda yang ingin tetap tampil awet muda. Sehingga, Anda tidak perlu melakukan berbagai prosedur kecantikan rumit nan mahal untuk penampilan yang senantiasa muda. Berolahraga secara teratur dan fokus melakukannnya dapat menjadi cara ampuh untuk Anda.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Glamour
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com