Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/07/2015, 19:03 WIB
Silvita Agmasari

Penulis


KOMPAS.com -
Sudahkan Anda membeli busana baru untuk merayakan lebaran? Lebaran memang tak harus selalu membeli busana baru. Namun di Indonesia, membeli busana baru untuk Hari Raya nampaknya menjadi suatu tradisi yang biasa dilakukan. Saat membeli busana Lebaran, tentunya ada berbagai pertimbangan pribadi, seperti kocek yang harus dikeluarkan atau warna pilihan busana yang tepat. Namun, daripada busana Lebaran menjadi mubazir pasca-Hari Raya, ada baiknya Anda mempertimbangkan saran dari desainer sekaligus selebriti Ivan Gunawan.

Ditemui dalam acara jumpa pers kompetisi desain Rosewood Living di Le Meredien Hotel, Jakarta (9/7/2015) desainer yang akrab disapa Igun ini mengungkapkan ada tiga hal mendasar yang patut dipertimbangkan sebelum membeli busana Lebaran. "Pertama perhatikan bahannya. Cari yang mudah menyerap keringat, nyaman dan tidak cepat lecak," ujar Igun. Menurut Igun bahan busana jadi sebuah pertimbangan besar, mengingat saat Lebaran silahturahmi akan banyak dilakukan. Ia kembali mempertegas, "Tidak semua silahturahmi diselenggarakan di ruangan sejuk ber-AC, dan tidak semuanya juga menggunakan mobil ber-AC bukan? "

Kemudian, tips kedua yang disarankan Igun ternyata adalah perlunya keteliatan saat mengeluarkan biaya untuk busana. "Belilah yang sesuai dengan kantong masing-masing. Jangan memaksa dengan menggunakan kartu kredit atau berhutang," ujar Igun. Penting bagi semua orang untuk membeli busana sesuai kebutuhan daripada terlena dengan diskon Lebaran atau moment Lebaran itu sendiri.

Terakhir, Igun menyarankan untuk membeli busana Lebaran yang mudah dipadupadan dengan aksesori atau busana lainnya. "Biar nanti setelah Lebaran, busana yang dibeli masih bisa terpakai lagi," tukasnya. Saran Igun yang terakhir nampaknya sangat patut dipertimbangkan. Pasalnya banyak kaum wanita yang membeli busana Lebaran namun hanya digunakan sekali dan berakhir di dalam lemari pakaian sekian lama. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com