Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/07/2015, 09:03 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


KOMPAS.com - Untuk tampil sempurna, para wanita tidak hanya memperhatikan riasan wajah, namun juga penampilan rambut. Rambut yang kuat, indah, dan sehat tentu akan membuat wanita terlihat cantik dan lebih percaya diri. Guna memperoleh kondisi rambut yang prima, maka rambut harus dipotong secara teratur.

Akan tetapi, tidak banyak orang yang tahu seberapa sering rambut harus dipotong. Ada yang mengatakan bahwa rambut harus dipotong setidaknya sebulan sekali, namun ada pula yang berpikir bahwa rambut harus dipotong hanya beberapa kali dalam setahun. Nah, sebenarnya seberapa sering baiknya Anda memotong rambut?

"Sebaiknya Anda memotong rambut setiap enam atau delapan minggu sekali," ungkap Meri Kate O'Connor, pakar pewarnaan rambut senior dan pendidik pada Eva Scrivo Salon di New York City, Amerika Serikat.

Menurut O'Connor, alasannya sederhana, yakni memotong rambut secara teratur dapat mencegah kutikel rambut dari kerapuhan. Apabila kondisi rapuh dan pecah tersebut sampai ke batang rambut, maka rambut akan menjadi tipis dan akhirnya patah. Kondisi inilah yang menyebabkan rambut seringkali rontok karena patah.

"Inilah ketika orang mengalami kerontokan rambut karena patah. Sekalinya rambut Anda patah, maka tidak ada cara untuk memperbaikinya. Dengan memotong rambut secara teratur, Anda dapat menghindari risiko ini," sebut O'Connor.

Meskipun demikian, setiap jenis rambut memiliki perlakuan yang berbeda. Apabila Anda memiliki rambut yang normal atau kasar, maka rambut Anda cenderung lebih rentan untuk patah. Anda juga harus lehih teratur memotong rambut apabila Anda memiliki rambut yang sering diwarnai atau dikeringkan dengan pengering rambut yang mengalirkan panas.

Rambut Anda pun dapat memberikan sinyal kepada Anda untuk pergi ke salon dan memotong rambut. Apabila Anda memperhatikan bahwa ujung rambut lebih kering atau terlihat patah maupun Anda lebih sering mengeringkan rambut dengan pengering rambut dibandingkan biasanya, ada baiknya segera kunjungi salon langganan.

"Potongan rambut yang baik harus bertahan selama delapan minggu penuh. Jadi, apabila Anda merasa potongan rambut Anda sudah tidak sesuai lagi dengan bentuknya yang terakhir, sebaiknya Anda segera memotong rambut," saran O'Connor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com