Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/07/2015, 17:09 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Glamour

KOMPAS.com -
Salah satu masalah tubuh yang sering dikeluhkan oleh para wanita adalah selulit atau stretch mark. Munculnya selulit atau stretch mark ini dinilai dapat mengurangi kepercayaan diri dalam berpenampilan. Meskipun para ahli menyatakan bahwa selulit muncul karena faktor genetik dan dapat dihilangkan dengan proses penurunan kadar lemak, solusi menghilangkan selulit sebenarnya ada pada asupan yang Anda konsumsi sehari-hari.

"Stretch mark yang dikenal dengan sebutan selulit disebabkan oleh lemak yang mendorong jaringan ikat kulit di mana pada akhirnya menyebabkan tampilan lebih menonjol. Untuk mengurangi kondisi ini, penting untuk tetap terhidrasi, mengurangi asupan natrium, dan menyeimbangkan kandungan mineral dalam sel tubuh," ujar Kelly LeVeque, seorang pakar nutrisi.

Selanjutnya, LeVeque menyarankan Anda untuk mengonsumsi beberapa makanan dan minuman yang terbukti ampuh membantu mengurangi dan menghilangkan kadar selulit pada kulit. Apa saja yang termasuk?

1. Air putih

Air putih adalah asupan paling sederhana namun efektif guna mengurangi kemunculan selulit. Sebab, kuncinya adalah tetap terhidrasi agar kulit tetap mulus dan lembap yang akhirnya dapat menyamarkan selulit. Selain itu, air putih juga bermanfaat sebagai pembersih alami yang berperan membersihkan toksin dalam tubuh. Konsumsi air putih juga akan membuang kadar sodium yang berlebihan pada tubuh.

2. Sayur dan buah

Selain mengonsumsi air putih dalam jumlah banyak, Anda pun harus mengomsumsi sayur dan buah yang kaya akan air, enzim, dan potasium seperti mentimun, bayam, dan sayuran hijau lainnya. Selain itu, LeVeque juga menyarankan Anda mengonsumsi buah-buahan yang kaya akan potasium seperti pisang, aprikot, persik, dan alpukat.

3. Lemak sehat

LeVeque menyatakan, penting juga bagi Anda untuk mengonsumsi makanan mengandung lemak sehat. Kandungan ini ada di dalam minyak zaitun, biji-bijian, kacang-kacangan, dan alpukat. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa lemak sehat ini mampu membantu menurunkan berat badan dan menghilangkan selulit. LeVeque menyarankan Anda untuk mengonsumsi makanan dengan kandungan lemak sehat ketika sarapan guna menjaga berat badan tetap ideal.

4. Protein tanpa lemak

Sama halnya dengan lemak sehat, makanan mengandung protein tanpa lemak seperti ikan, kacang-kacangan, dan daging tanpa lemak membantu Anda merasa kenyang lebih lama. LeVeque menyarankan Anda untuk mengonsumsi beberapa jenis ikan karena kaya akan kandungan zinc, selenium, dan potasium. Selain itu, ikan juga menyeimbangkan sel dan memberikan kandungan asam lemak omega 3. Beberapa jenis ikan yang disarankan antara lain tuna jenis yellowfin, kod, dan salmon karena kaya akan potasium.

LeVeque pun menyarankan Anda untuk menghindari konsumsi beberapa jenis makanan guna menghindari risiko munculnya selulit, seperti makanan cepat saji, makanan kaya akan sodium, dan makanan yang digoreng dengan banyak minyak. Ia juga menyarankan Anda untuk menghindari kafein, gula, dan makanan yang kaya akan estrogen, seperti kedelai karena selulit juga dikaitkan dengan genetika dan hormon.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Glamour
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com