Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kegiatan Apa yang Mampu Usir Kelelahan Emosional Saat Bekerja?

Kompas.com - 28/07/2015, 10:09 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


KOMPAS.com -
 Pekerjaan apapun pasti terkadang memberikan Anda rasa lelah secara emosional hingga mengerjakan tugas yang mudah saja membuat Anda jengah. Stres dalam menghadapi pekerjaan semacam ini harus dihilangkan, sebab tidak hanya dapat mengganggu kinerja Anda di kantor namun juga kesehatan emosional Anda. 

Perasaan stres tersebut dapat didefinisikan sebagai perasaan yang timbul ketika Anda tidak bisa mengerjakan beban pekerjaan yang tinggi sehingga menyebabkan Anda frustrasi. Sebuah studi teranyar yang dilakukan di Australia menemukan bahwa stres karena pekerjaan pada dasarnya dapat dihindari dengan olahraga, seperti misalnya lari. 

Dalam studi tersebut, para pria dan wanita yang tidak aktif berolahraga berpartisipasi dalam latihan cardio dan weight training selama empat minggu dengan waktu minimal latihan adalah tiga kali sesi 30 menit setiap minggu. Selain itu, mereka juga diteliti ketika tetap memilih untuk tidak berolahraga. Sebelum dan sesudah latihan selama empat minggu tersebut, para peneliti melakukan tiga tes berbeda untuk mengetahui perubahan suasana hati para partisipan. 

Hasilnya, para partisipan yang mengikuti progran latihan merasa lebih dapat mencapai hasil dari apa yang mereka lakukan setelah empat minggu. Selain itu, mereka juga melaporkan tidak merasakan adanya stres dan tekanan mental, kelelahan emosional, maupun stres. Meskipun demikian, hal ini ternyata tidak dirasakan oleh para partisipan yang tak berolahraga.

"Olahraga memiliki potensi sebagai intervensi stres yang efektif. Organisasi yang ingin secara proaktif menurunkan tingkat stres di tempat kerja dapat meyakinkan para karyawannya untuk melakukan program latihan secara teratur," tulis para peneliti dari University of New England, Australia dalam laporan tertulis. 

Nah, apabila Anda merasa jenuh dan jengah terhadap pekerjaan atau merasakan ketegangan yang konstan setiap kali melakukan pekerjaan, pertimbangkanlah untuk berolahraga seperti latihan cardio atau angkat beban. Selain membuat tubuh semakin bugar, Anda pun dapat merasa segar dan suasana hati pun akan membaik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com