Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa yang Sebabkan Wanita Mendadak Mudah Terbawa Perasaan?

Kompas.com - 10/08/2015, 18:44 WIB
Kontributor Female, Lusina

Penulis

KOMPAS.com – Umumnya, wanita memiliki perasaan yang lebih sensitif ketimbang pria. wanita lebih mudah terbawa perasaan ketika melihat dan mendengar hal-hal yang menggugah emosi. Ternyata, selain sangat sensitif, wanita suka menangis tanpa alasan yang jelas. Apa yang terjadi?

Berdasarkan sebuah penelitian yang dihelat oleh William H. Frey II, PhD., seorang peneliti syaraf, membeberkan bahwa biasanya wanita dewasa lebih kurang menangis sebanyak 5,3 kali lebih sering ketimbang pria. Frey mengatakan, dalam sebulan pria hanya menangis sebanyak 1,4 kali.

Airmata wanita yang sulit terbendung tak selalu dikarenakan adanya hubungan sebab akibat. Menurut Frey, wanita lebih mudah mendadak bersedih lalu meneteskan airmata meski tidak mengalami hal-hal yang menyedihkan sama sekali.

Kondisi ini, kata Frey, dikarenakan adanya sebuah hormon bernama proclatin yang terdapat pada tubuh wanita. Hormon tersebut berfungsi untuk mengatur produksi kelenjar airmata yang melonjak sedari wanita berusia 18 tahun. Sementara itu, kadar hormon proclatin pada pria pertumbuhannya tidak agresif seperti pada wanita.

Jadi, jangan heran saat mendadak wanita lebih kurang bersahabat dan seperti tidak mau ditanya-tanya. Ternyata, pada saat proclatin tinggi, wanita memang cenderung 10 kali lebih sensitif. “Wanita sendiri pun tidak mengetahui mengapa tiba-tiba mereka sedih?” terang Frey.


Terakhir, studi juga menunjukkan bahwa sel airmata wanita lebih produktif alias mudah mengalir dibandingkan pria.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com