Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Salah Satu Cara Perbaiki Postur Tubuh Anak

Kompas.com - 27/08/2015, 13:00 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

KOMPAS.com - Tak dapat dipungkiri, anak jaman sekarang memiliki tantangan yang lebih saat tumbuh kembang. Aktivitas seperti sering bermain video game, kurang gerak, serta terlalu lama duduk di bangku dapat membuat postur tubuh anak jadi tidak proporsional dan cenderung membungkuk. Untuk itu, diperlukan pencegahan sedari dini agar postur tubuh anak dapat tumbuh dengan baik. 

Selain pencegahan, ada beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk memperbaiki postur tubuh anak itu sendiri. Cara paling alami untuk memperbaiki postur tubuh, terutama tulang belakang anak agar selalu tegap adalah dengan melakukan kegiatan olahraga.

Salah satu jenis olahraga yang bisa dilakukan guna memperbaiki postur tubuh ini adalah dengan melakukan pilates. Dalam wawancara bersama seorang instruktur pilates, Diana dari Poise Pilates Studio yang bertempat di Lotte Shopping Avenue Jakarta, Diana mengungkapkan bahwa olahraga pilates memiliki fungsi maksimal untuk melatih memperbaiki postur tubuh serta menambah kelenturan. 

"Pilates adalah satu-satunya olahraga yang dapat membentuk bagian belakang tubuh," ujar Diana. Ia kemudian menambahkan bahwa pilates juga aman dilakukan untuk anak-anak. "Biasanya saat anak mengalami masa pubertas, terutama anak perempuan, payudaranya bertumbuh dan momen tersebut dapat membuat mereka malu hingga menyebabkan anak perempuan lebih sering membungkuk guna menyembunyikannya. Selain itu anak dengan aktivitas dan kegiatan pendukung sekolah yang padat, terbiasa membawa tas yang terbilang berat hingga membuat tubuh mereka jadi cenderung membungkuk," ujar Diana. 

Ia mengatakan bahwa olah tubuh pilates sangat aman dilakukan untuk anak-anak. Usia yang dianjurkan untuk melakukan olahraga pilates ini adalah saat memasuki usia tujuh tahun. Sehingga, jika sudah melihat potensi bentuk tubuh yang kurang proporsional pada anak ataupun berusaha mencegahnya, janganlah ragu untuk mengajak anak-anak mulai melakukan kegiatan pilates.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com