Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/08/2015, 17:00 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

KOMPAS.com - Olahraga pilates memiliki banyak fungsi, diantaranya untuk menguatkan otot tubuh, memperbaiki postur tubuh, menambah fleksibilitas dan kelenturan, serta masih banyak lain lagi manfaat yang bisa didapat. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Diana, seorang instruktur pilates di Poise Pilates Studio yang berlokasi di Lotte Shopping Avenue, Jakarta, lantai tiga. 

Selain fungsi tersebut, ternyata pilates juga dapat menjadi alternatif olah tubuh yang sangat baik bagi ibu hamil. Diana mengatakan bahwa Pilates merupakan olahraga yang cocok dilakukan untuk para wanita mengandung. "Pilates untuk ibu hamil dapat dilakukan dari mereka yang sudah memasuki usia kandungan empat bulan sampai satu minggu sebelum tanggal prediksi melahirkan," ujar Diana. 

Hal lain yang perlu diperhatikan oleh ibu hamil yang ingin melakukan olah tubuh ini adalah ketersediaan kelas pilates khusus ibu hamil. Pasalnya, Diana mengatakan gerakan pilates khusus ibu hamil harus disesuaikan dengan usia kandungannya. "Makin bertambah usia kandungan, maka gerakan akan semakin lambat," ujar Diana. 

Diana juga mengatakan kelas pilates ibu hamil kemudian dibagi sesuai usia kandungan. Misalnya usia kandungan empat bulan dan usia kandungan tujuh bulan tak dapat digabungkan. Maka tak ada salahnya memilih kelas pilates privat dengan mendatangkan instruktur langsung. Tentunya dengan olah tubuh secara rutin yang dilakukan oleh wanita mengandung, nantinya dapat membantu proses kelahiran menjadi lebih lancar dan sekaligus bisa mengurangi nyeri pada bagian tubuh tertentu akibat perubahan postur tubuh selama masa kehamilan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com