Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cegah Potensi Bercerai dengan Nonton Film Romantis bersama Suami

Kompas.com - 28/08/2015, 11:00 WIB
Kontributor Female, Lusina

Penulis


KOMPAS.com -– Jika Anda dan suami hobi nonton film drama romantis dengan suami, lalu setelahnya Anda dan suami membicarakan soal cerita dalam film tersebut, bisa jadi Anda telah melakukan sesuatu yang benar serta bisa menyelematkan pernikahan dari perceraian.

Menurut studi terkini yang dipublikasikan pada Journal of Consulting and Clinical Psychology, menuturkan bahwa menonton film drama yang mengangkan cerita soal hubungan cinta atau keluarga, bisa menguatkan tali pernikahan. Syaratnya, Anda dan suami mesti mendiskusikan cerita film tersebut dalam suasana santai dan mesra.

Momen berdiskusi dan berbincang soal jalan cerita film tema hubungan cinta, berdasarkan laporan studi, sama efektinya dengan konsultasi hubungan bersama terapis profesional.

Studi ini secara acak memilih 200 pasangan suami istri untuk mengikuti satu dari tiga terapi hubungan yang mencakup:

  1. Terapi manajemen konflik (belajar untuk mengatasi masalah yang terjadi selama pernikahan).
  2. Terapi empati dan menerima kelebihan kekurangan pasangan (melatih kemampuan pasangan dalam mencari jalan tengah dalam konflik menggunakan rasa cinta dan kasih sayang.
  3. Terapi mengenali hubungan lewat film drama romantis (terapi menonton satu kali dalam seminggu dan mendiskusikan soal cerita dalam film tersebut)

Film yang digunakan pada terapi ketiga adalah film layar lebar Hollywood yang memang mengedepankan soal hubungan cinta dan masalah keluarga, The Five-Year Engagement dan Meet the Fockers.

Hasilnya, menonton film dan berdiskusi soal film dengan pasangan memiliki efektivitas menjaga kadar harmonis pernikahan sama dengan dua cara tradisional tersebut di atas.

Namun, ada sesuatu yang unik. Jadi, para peneliti tetap mempelajari hubungan dan kualitas pernikahan setiap responden dari waktu ke waktu. Ternyata, pasangan yang menerapkan dua metode selain menonton film, ditemukan lebih cepat bercerai ketimbang mereka yang mengimplementasikan trik menonton film bersama.

“Jika Anda ingin mencoba cara menonton film ini, jangan lakukan seolah kegiatan itu seperti sebuah tugas dan kewajiban,” ujar Rachel Del Alto, Pakar Hubungan dan Penulis buku Flirt Fearlessly.

“Buatlah menjadi permainan seru. Bila pekan ini Anda sudah memilih film yang akan ditonton, maka pekan berikutnya, biarkan suami menonton film drama sesuai pilihannya. Selain itu, Anda bisa juga menulis beberapa judul film pada kertas kecil, kocok secara acak. Hal-hal kecil seperti ini bisa menguatkan hubungan dengan suami,” imbuhnya.

Terakhir, DeAlto menegaskan bahwa Anda jangan sampai lupa untuk membicarakan soal film itu pada suami Anda. Sebab, momen diskusi itu mampu membangun komunikasi tak formal tapi menyenangkan. Tanpa Anda sadari, kata DeAlto, Anda dan suami bisa saja jadi membicarakan hal lain yang membuat komunikasi berdua semakin langgeng.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com