Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Jadi Pebisnis Wanita, Ini yang Harus Disiapkan

Kompas.com - 31/08/2015, 12:10 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

KOMPAS.com - Di masa kini, semakin banyak wanita yang memilih untuk berkarier sebagai pebisnis atau pewirausaha. Selain jam bekerja yang fleksibel, pekerjaan ini memungkinkan wanita untuk dapat mengurus rumah tangga dan keluarga sambil menjalani kesibukan dan karier. Namun, perlu diingat bahwa tidak mudah menjalani karier sebagai pebisnis.

Karina Salim (24) merupakan seorang penari, penyanyi, artis peran, sekaligus pebisnis. Bersama seorang teman, ia bermitra dalam mendirikan sebuah pusat perawatan kecantikan waxing bernama Sucré sejak 1,5 tahun lalu yang berlokasi di kawasan Senopati, Jakarta Selatan. Ia pun memberikan beberapa kiat untuk para wanita yang berniat untuk memulai bisnis sendiri.

"Kalau menurut aku pertama harus memiliki perencanaan yang baik dulu. Buat juga rencana bisnis yang kuat dan jelas," ujar Karina ketika menjadi pembicara dalam sebuah seminar yang dihelat oleh House of Perempuan (HoPE) di Lippo Mall Kemang, Jumat (28/8/2015).

Selain beberapa aspek tersebut, Karina menjelaskan pula bahwa hal yang harus diperhatikan dalam memulai bisnis adalah melakukan berbagai riset dan merumuskan rencana bisnis dan skema perhitungan keuangan, sebab ini akan terkait dengan lalu lintas keuangan bisnis ke depan. Hal yang tak kalah penting adalah ide bisnis yang jelas agar memiliki keunikan dibandingkan bisnis sejenis lain.

"Persiapannya yang pasti adalah perencanaan yang baik, rencana bisnis yang baik, mencari mitra bisnis yang tepat, dan menginvestasikan waktu karena menjalani bisnis itu harus serius. Mitra yang tepat akan memudahkan kita dalam menjalani bisnis, bisa saling melengkapi," jelas Karina.

Di samping itu, hal lain yang mampu menentukan kesuksesan Anda dalam berbisnis menurut Karina adalah perlunya memiliki sikap dan sifat disiplin. Selain itu, sebagai pebisnis, seorang wanita pun perlu mengelola waktu yang dimilikinya agar tetap produktif dan tidak membuang waktu untuk hal yang sebenarnya tidak perlu.

"Satu kata yang penting untuk pebisnis wanita adalah disiplin. Seperti yang kerap dijumpai, biasanya perempuan itu cenderung sering berkumpul bersama teman. Selain itu juga kadang lemah iman dan terlalu sibuk bermain media sosial. Itu sebenarnya adiktif. Buat aku, waktu kosong itu baiknya diisi dengan membaca buku atau memikirkan penggembangan ide bisnis," tutur Karina.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com