Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kiat Pertahankan Gairah Seks agar Tahan Lama

Kompas.com - 01/09/2015, 20:30 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber

KOMPAS.com -- Dalam sebuah pernikahan, bercinta menjadi salah satu faktor penting yang mempengaruhi keharmonisan dan kemesraan antara Anda dan pasangan. Setiap pasangan tentu ingin memiliki kehidupan seks yang bahagia, salah satunya dengan gairah bercinta yang tahan lama dan tidak cepat padam.

Namun, ternyata selama ini ada kesalahpahaman tentang mempertahankan gairah bercinta agar tahan lama. Menurut para peneliti dari Winona State University, Amerika Serikat, kebanyakan pria salah paham dalam memaknai istilah "bercinta yang memuaskan" dan "bercinta tahan lama."  Kedua hal ini tidak dipikirkan oleh para wanita.

Ada beberapa hal yang sebaiknya Anda pikirkan selama bercinta agar gairah Anda dan pasangan susah padam hingga mencapai puncak kenikmatan. Berikut uraiannya.

Pertama, ketika Anda berhubungan seks, Anda harus pula merasakan kebahagiaan. Sebab, inti dari bercinta adalah kepuasan serta kebahagiaan kedua belah pihak, baik Anda maupun pasangan. Sehingga, penting juga untuk mempertimbangkan kenikmatan untuk Anda, tidak hanya untuk memuaskan pasangan.

Kedua, ada baiknya Anda mengusir kecemasan dan kekhawatiran yang berlebih selama bercinta. Menurut Michael Perelman PhD, seorang profesor psikologi klinis dan kedokteran reproduktif dari Cornell University, Amerika Serikat, mengatakan bahwa mendistraksi diri sendiri guna menghalau kecemasan adalah hal yang sia-sia. Adapun kekhawatiran utama saat bercinta adalah terlalu cepat mencapai orgasme.

"Bukan gairah seks yang menjadi sumber kekhawatiran. Ketika Anda merasa akan segera mencapai orgasme, Anda akan mulai cemas. Kecemasan ini akan menyulut sistem saraf yang akan mempercepat ejakulasi. Agar gairah seks tahan lama, Anda harus merasa tenang," ujar David Rowland PhD, profesor psikologi di Valparaiso University.

Menurut Rowland, cara paling mudah untuk mengusir kecemasan kala bercinta adalah fokuskan pikiran pada betapa luar biasanya sesi bercinta yang Anda jalani saat ini bersama pasangan.

"Apabila Anda menikmati sensasi bercinta, Anda tidak akan fokus pada pikiran bagaimana kalau Anda mengalami ejakulasi dini," jelas Rowland.

Rowland menyarankan, mulailah memperhatikan sesuatu yang spesifik. "Anda bisa memikirkan dan memperhatikan bibir pasangan, deru nafasnya, atau gerakan pinggang atau bahunya," saran Rowland.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com