Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Langkah Efektif agar Pengusaha Wanita Sukses Tembus Pasar Ekspor

Kompas.com - 11/09/2015, 15:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

KOMPAS.com -- Geliat para pengusaha wanita Indonesia, khususnya di bidang mode, jangan lagi dipandang sebelah mata. Pasalnya, semakin banyak wanita yang sukses berkarier sebagai perancang busana maupun pengusaha industri penunjang industri mode. Tidak sedikit pula di antara mereka yang kini merambah pasar ekspor.

Selain mereka yang sudah sukses memasarkan produknya di mancanegara, masih banyak pula pengusaha wanita yang masih berusaha untuk dapat memasarkan produk mereka di luar negeri. Menurut Matthew Durban, Komisioner Perdagangan dan Investasi Kedutaan Besar Australia di Indonesia, ada beberapa langkah yang harus diperhatikan para pengusaha wanita sebelum mengekspor produk.

Pertama, perhatikan dan pertimbangkan produk apa yang akan diekspor. Sebab, produk yang sudah sukses dipasarkan di Indonesia belum tentu akan memperoleh kesuksesan yang sama di luar negeri. Meskipun begitu, memiliki basis konsumen di dalam negeri merupakan bekal yang kuat untuk meningkatkan kepercayaan diri Anda dalam mengekspor produk.

"Kemudian, perhatikan apakah Anda memiliki pendapatan yang cukup dari bisnis Anda. Sebab, perlu diingat bahwa mengekspor produk berarti melakukan pengiriman dan sebagainya. Ini artinya diperlukan biaya tambahan untuk melakukan pengiriman dan persiapan lainnya," ujar Durban pada acara mini workshop bertajuk The Fundamentals to Grow a Global Business di Jakarta Convention Centre, Jumat (11/9/2015).

Selain itu, lanjut Durban, perlu diperhatikan pula apakah produk Anda memiliki keunikan dan suatu hal spesial yang dapat ditawarkan kepada konsumen di luar negeri. Selain itu, Anda pun harus mempertimbangkan tentang kelebihan produk Anda dibandingkan produk sejenis yang mungkin dapat ditemukan di negara lain.

"Hal lain adalah harga, tentang bagaimana desain produk dan kemasannya seperti apa. Apakah ukuran dan warnanya sesuai untuk pasar luar negeri? Apakah Anda menyediakan sampel untuk para konsumen Anda di luar negeri? Kemudian, bagaimana sistem promosinya?" terang Durban.

Hal yang tidak kalah penting adalah melakukan riset secara intensif dan komprehensif tentang pasar yang akan Anda tuju. Intinya, jangan sampai produk yang Anda pasarkan tidak sesuai dengan keinginan dan selera pasar di luar negeri. Ini tentu akan menyebabkan kerugian pada bisnis Anda.

"Lakukan riset untuk mengetahui pasar, sebab pasar itu berbeda-beda Biasanya kalau bicara tentang Asia saja tujuannya hanya satu pasar, padahal setiap desa, setiap kampung, provinsi, atau negara mempunta selera, ide, dan kebutuhan yang berbeda. Riset merupakan kunci kesuksesan Anda," ungkap Durban.

Untuk kekuatan finansial dan keberlangsungan bisnis Anda, Durban menyarankan Anda juga memperoleh dukungan finansial dari perbankan. Dengan dukungan dari perbankan, maka Anda akna memperoleh ragam kemudahan dan fasilitas untuk kelancaran kegiatan ekspor Anda. "Bicarakan kebutuhan dan permasalahan kita ke bank, mereka bisa saja memberikan kita fasilitas pinjaman," imbuhnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com