Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Semarak Hari Batik Nasional di Pusat Belanja Modern

Kompas.com - 25/09/2015, 13:11 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

KOMPAS.com - Hari Batik Nasional telah ditetapkan oleh pemerintah setiap tanggal 2 Oktober menyusul diakuinya batik oleh UNESCO sebagai warisan budaya dunia pada tahun 2010 silam. Menyambut dan menyemarakkan hari spesial tersebut, Pendopo menghadirkan program National Batik Day Celebration With Pendopo.

Acara tersebut dihelat hingga tanggal 4 Oktober 2015 mendatang di Fashion Atrium Kota Kasablanka, Jakarta. Selama kurang lebih dua pekan, Pendopo akan menghadirkan beragam produk batik koleksi para desainer dan pengrajin. Tidak hanya itu, pengunjung juga dapat memperoleh beragam produk kerajinan tradisional.

"Kami ingin mengedukasi masyarakat agar lebih memahami batik sebagai hasil karya pengrajin yang memiliki proses pembuatan secara tradisional sehingga dapat menghargai dan mencintai batik sebagai salah satu warisan bangsa yang telah diakui di dunia," ujar Nana Puspa Dewi, Corporate Marketing Director Kawan Lama Group dalam konferensi pers di Fashion Atrium Kota Kasablanka, Rabu (23/9/2015).

Beberapa desainer, rumah mode, dan UKM batik berpartisipasi dalam acara ini, seperti Danar Hadi, Alleira, Batik Semar, Batik Chic, Batik Farhan, Batik Fadly, dan Mahadevi. Selain itu, ada pula koleksi sepatu batik kreasi Arcadia dan produk tas kreasi Vinaastee. Selain itu, pengunjung juga dapat memperoleh produk peralatan rumah tangga, aksesori, hingga permainan anak.

Acara puncak pada tanggal 3 Oktober 2015 mendatang akan menghadirkan Anindya Kusuma Putri, Putri Indonesia 2015. Anindya akan mencanting batik bersama komunitas pecinta batik. Selanjutnya pada tanggal 4 Oktober 2015 juga akan dihelat peragaan busana batik dan lomba menghias patung batik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com