Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/09/2015, 07:13 WIB
Magdalena Windiana Siahaan

Penulis

KOMPAS.com – Permasalahan jerawat pada perempuan kerap mengganggu. Tak jarang, saking mengganggunya, banyak perempuan yang secara khusus melakukan perawatan ke dokter kulit.

Sebetulnya, urusan menghilangkan jerawat tidak terlalu sulit. Tak banyak orang tahu bahwa bahan-bahan di dapur pun efektif menghilangkan bekas jerawat. Simak berikut beberapa bahan yang bisa Anda manfaatkan:

1. Madu

Madu mengandung bahan antibakteri dan antioksidan yang ternyata efektif membersihkan kulit dari jerawat dan mencegah jerawat baru. Tak hanya itu. Madu juga disinyalir dapat membantu membuat kulit tampak lembut, kencang dan lembab.

Untuk treatment menghilangkan jerawat, Anda bisa memilih madu alami antara lain raw honey, organik, atau madu liar. Anda dapat menggunakannya dengan cara menempelkan tetesan madu pada titik jerawat.

Selain itu, Anda juga bisa juga mengaplikasikannya dalam bentuk masker. Anda tinggal menambahkan lemon ke dalam masker madu Anda karena kandungan asam yang dimiliki lemon dapat membantu mempercepat keringnya jerawat. 

2. Baking Soda

Selain digunakan sebagai bahan membuat kue, ternyata baking soda juga ampuh membasmi jerawat dan mengurangi peradangan karena jerawat. Mineral alami tersebut memiliki kemampuan sebagai exfoliator, yaitu pengelupasan kulit untuk mengangkat sel kulit mati. 

Cara menggunakannya, ambil 2-3 sendok teh baking soda dan campur dengan air hangat sampai berbentuk pasta. Kemudian, gunakan cairan tersebut sebagai masker. Saat memakainya, Anda bisa sambil memijat wajah hingga masker baking soda menyerap merata.

3. Garam dapur

Garam adalah salah satu bumbu dapur yang wajib hadir dalam setiap masakan. Tanpa bumbu masak ini, rasa masakan bisa terasa hambar. Siapa sangka, bahan yang mudah ditemukan di dapur ini ternyata dapat membantu bebagai keluhan termasuk, permasalahan kecantikan kulit.

thinkstockphotos.com Ilustrasi

Air garam merupakan salah satu scrub wajah terbaik yang berguna untuk menyingkirkan jerawat. Anda dapat mencampurkan air perasan lemon dengan garam laut. Kandungan mineral dan efek anti-bakterial di dalamnya dapat membantu peremajaan kulit dan menghilangkan jerawat.

4. Bawang putih

Selain garam, bawang putih juga merupakan bahan dapur yang bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat maupun bekas noda akibat jerawat. Bawang putih tergolong populer dan mudah didapatkan dengan harga terjangkau.

Khasiat bawang putih membasmi jerawat diperoleh dari kandungan allicin di dalamnya. Allicin memiliki sifat antijamur untuk menghilangkan segala macam radikal bebas seperti jerawat. Cara memakainya, Anda cukup melumatkan bawang putih, lalu mengoleskannya ke area kulit wajah secara merata. 

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com