Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/09/2015, 19:30 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

KOMPAS.com -- Dalam menjalin hubungan, Anda pasti tidak ingin dikecewakan karena pasangan berselingkuh atau berdusta. Namun, bicara soal kesetiaan, tak ada teori pasti yang bisa menjanjikan pasangan tidak akan selingkuh. Anda hanya bisa mengandalkan insting sendiri dan nurani pasangan Anda.  

Namun, baru-baru ini, sebuah studi ilmiah menjelaskan tentang karakteristik para pria yang tidak akan berselingkuh. Nah, siapa saja sebenarnya jenis pria yang setia dan anti selingkuh? Berikut uraiannya.

1. Penghasilannya sama dengan Anda
Studi terbaru yang diulas dalam jurnal American Sociological Review menunjukkan bahwa pasangan tidak akan berselingkuh apabila penghasilannya setara atau sama dengan penghasilan Anda. Sebaliknya, pria akan selingkuh kalau penghasilannya lebih tinggi atau lebih rendah dari penghasilan Anda.

2. Pengaruh teman
Ternyata, perilaku selingkuh pasangan Anda dapat terjadi karena pengaruh lingkungan pertemanannya. Menurut M Gary Newman, penulis buku The Truth About Cheating, orang akan cenderung berselingkuh apabila teman-temannya juga berselingkuh. Nah, apabila teman-teman pasangan Anda adalah golongan orang setia, maka kemungkinan besar pasangan Anda setia pula.

3. Dia merasa dicintai dan dipercaya

Menurut studi yang dilakukan oleh Newman, sebagian besar pria tidak berselingkuh bukan karena tidak puas secara seksual. Perselingkuhan terjadi lantaran pria mencari kepuasan secara emosional. Apabila mereka merasa puas secara emosional, maka perselingkuhan takkan terjadi.

4. Dia tipe pria ekstrovert
Penelitian menunjukkan bahwa orang-orang berkepribadian introvert cenderung lebih mudah berselingkuh karena mereka lebih setuju ketika seseorang mengajak mereka berbuat demikian. Sementara itu, orang yang ekstrovert cenderung enggan dipengaruhi oleh orang lain.

5. Karakteristik wajah
Berdasarkan sebuah studi, para peneliti menemukan bahwa Anda bisa mempercayai seseorang tidak akan selingkuh apabila dia memiliki wajah dan penampilannya tidak seperti seorang peselingkuh. Jadi, apabila pasangan bersikeras menyatakan dia tidak berselingkuh, kemungkinan ini adalah berita baik.

6. Pecinta musik metal

Percaya atau tidak, selera musik seseorang pun berpengaruh terhadap kemungkinan dia akan selingkuh atau tidak. Sebuah studi yang dihelat oleh harian Mirror menemukan bahwa para pecinta musik heavy metal cenderung tidak bersifat mudah selingkuh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com