Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mudahnya Mengolah Makanan dengan Susu Kental Manis

Kompas.com - 08/10/2015, 11:10 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

KOMPAS.com - Susu tidak hanya sajian minuman yang memberikan efek positif untuk anak-anak hingga orang dewasa. Susu pun dapat dimanfaatkan sebagai campuran komposisi makanan yang memperkaya rasa dan memberikan cita rasa yang unik serta tekstur hidangan yang lebih pekat sekaligus creamy.

Menurut juru masak kenamaan Chef Chandra Yudassa, susu berbentuk kental manis dapat menjadi pilihan Anda dalan mengolah hidangan. Pasalnya, susu kental manis memiliki rasa yang pada dasarnya sudah manis. Jadi, susu kental manis dapat dengan mudah dicampurkan sebagai komposisi beragam hidangan.

"Susu kental manis itu pada dasarnya sangat mudah diaplikasikan karena cair dan larut dengan komponen lainnya. Susu kental manis juga sangat stabil dan mudah digunakan (sebagai bahan untuk mengolah hidangan)," jelas Chef Chandra di sela-sela acara peluncuran kemasan baru susu Frisian Flag dan Frisian Flag Cafe di FX Lifestyle Xnter, Rabu (7/10/2015).

Dalam acara tersebut, Chef Chandra menampilkan demo memasak. Dia menyajikan dua menu hidangan, di antaranya hidangan pastry dan chocolate mousse. Kedua hidangan tersebut diakui Chef Chandra menggunakan susu kental manis sebagai salah satu komposisinya. Nah, bagaimana pengalaman Chef Chandra mengolah hidangan dengan susu kental manis?

Chef Chandra memaparkan, hidangan pastry mengandung 25 persen susu kental manis sebagai komposisinya. Dia menjelaskan, susu kental manis digunakan untuk memperoleh tekstur dan rasa manis yang unik. Chef Chandra pun mengaku dirinya cukup percaya diri untuk mengolah susu kental manis menjadi menu yang unik.

"Menu yang saya pilih hari ini komposisi pastry 25 persennya adalah susu kental manis untuk memperoleh glaze, tekstur, dan rasanya. Saya percaya diri karena susu kental manis itu konsisten dan awet, sehingga tidak perlu penanganan yang rumit, bisa digunakan untuk banyak menu. Menu manis itu bisa mendorong nafsu makan," terang Chef Chandra.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com