Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/10/2015, 20:32 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


KOMPAS.com -Setiap wanita menginginkan tampilan payudara yang indah dan kencang. Namun, tak bisa disangkal bahwa berbagai kesibukan dan aktivitas sehari-hari  bisa menyebabkan payudara mengendur.

Stres, makanan, malas olahraga, dan memompa ASI, menurut pakar, beberapa gaya hidup yang bisa menyebabkan payudara ada cepat kendur.

Dr James C Grotting selaku presiden American Society for Aesthetic Plastic Surgery menjelaskan beberapa kebiasaan sehari-hari yang menyebabkan bentuk payudara menjadi mengendur. Berikut uraiannya.

1. Tidur tanpa mengenakan bra

Tidur dalam keadaan mengenakan bra memang terasa kurang menyenangkan. Namun, tidur tidak mengenakan bra justru cepat membuat payudara Anda mengendur.

"Kalau Anda ingin payudara tetap kencang, maka pertimbangkanlah untuk mengenakan bra T-shirt yang nyaman saat tidur untuk menjaga bentuk payudara sesuai yang diidamkan," terang Grotting.

2. Menyantap camilan

Makanan cepat saji dan ragam camilan lainnya bisa menciptakan masalah pada penampilan bokong dan perut. Selain itu, kebiasaan mengudap camilan yang tidak sehat dapat membuat bentuk payudara tak lagi kencang.

"Ketika mencapai usia 30 atau 40 tahunan, pelan-pelan payudara akan lebih banyak terdiri atas lemak," tutur Grotting.

3. Mengenakan bra yang salah
Mungkin hal ini terdengar remeh, tapi sebaiknya jangan sepelekan bra yang baik dan nyaman. Grotting menyatakan bahwa sebagian besar permasalahan pada payudara dapat diperbaiki dengan langkah yang amat sederhana, seperti  mengenakan bra dengan ukuran yang sesuai untuk Anda.

4. Kurang konsumsi vitamin C
Grotting menjelaskan, vitamin C memiliki banyak manfaat untuk tubuh, tidak terkecuali untuk payudara Anda. "Jaringan otot pada payudara amat membutuhkan vitamin C dan B untuk membentuk jaringan dan kolagen yang mampu menyokong sehingga bentuknya tetap terjaga. Disarankan untuk mengonsumsi jus jeruk di pagi hari," jelas Grotting.

5. Kebiasaan lari
Menurut Grotting, ketika berlari payudara akan banyak melakukan gerak melambung. Hal ini membuat payudara Anda menjadi turun dan akhirnya akan mengendur.

Namun, Anda tidak perlu khawatir, selama Anda mengenakan bra khusus untuk olahraga maka payudara telah terlindungi dengan sempurna.

"Saya sarankan juga untuk melakukan lari dan berenang secara bergantian untuk mengistirahatkan payudara," imbuh dia.

6. Paparan sinar matahari
Tabir surya adalah produk yang amat penting untuk diaplikasikan pada kulit setiap kali beraktivitas di luar ruangan. Sehingga, ada baiknya Anda juga mengaplikasikannya pada payudara.

 "Melindungi payudara dengan tabir surya mampu mencegah kulit pada payudara menjadi kering, rusak, dan mengendur," terang Grotting.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com