Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jenis Celana Dalam Suami Tentukan Peluang Hamil Istri

Kompas.com - 26/10/2015, 06:28 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber The Sun

KOMPAS.com — Sebuah studi baru menemukan bahwa jenis celana dalam yang dikenakan pria pun berpengaruh terhadap kemungkinan hubungan seks dan peluang kehamilan istri.  

Menurut studi tersebut, pria yang mengenakan celana dalam jenis brief memiliki kemungkinan lebih besar untuk sukses memperoleh keturunan.

Studi ini dihelat oleh National Institute of Child Health and Development dan Stanford University, Amerika Serikat.

Para ahli menguji 500 partisipan pria serta mempelajari jenis celana dalam yang biasa mereka kenakan.

Selain itu, kebiasaan tidur partisipan pun turut diteliti selama 12 bulan. Lalu, hasilnya dibandingkan dengan kualitas sperma mereka.

Para ahli menemukan bahwa pria yang tidak mengenakan celana dalam saat pagi atau malam hari memiliki 25 persen kemungkinan yang lebih rendah memiliki kerusakan DNA pada sperma.

Partisipan pria yang tidur mengenakan celana dalam justru berpotensi mengalami kerusakan DNA pada sperma.

Singkatnya, pria yang tidak mengenakan celana dalam pada pagi atau malam hari memiliki kualitas sperma yang lebih baik.

"Jenis celana dalam yang dikenakan pada pagi dan saat tidur pada malam hari pun diasosiasikan dengan kualitas sperma. Parameter kualitas sperma yang lebih baik ditemukan pada pria yang mengenakan celana boxer pada siang hari dan tidak mengenakan celana dalam pada malam hari," ungkap ketua tim peneliti.

Temuan studi ini dipresentasikan pada pertemuan tahunan American Society for Reproductive Medicine di Baltimore, negara bagian Maryland, Amerika Serikat.

Studi ini pun diyakini mendukung studi yang pernah dilakukan di Inggris pada tahun 2012 yang menyimpulkan hasil yang hampir serupa.

"Kami telah mengetahui sebelumnya bahwa temperatur testis pria meningkat melalui paparan panas saat bekerja atau mengenakan celana dalam yang ketat. Lalu, mereka juga memiliki kualitas sperma yang lebih buruk ketimbang pria yang temperatur testisnya lebih dingin," tutur Allan Pacey, pakar fertilitas di University of Sheffield, Inggris.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Sun
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com