Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menstruasi Terlalu Dini, Gejala Masa Kecil Kurang Bahagia

Kompas.com - 26/10/2015, 20:30 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

Sumber bustle.com


KOMPAS.com –
Menstruasi merupakan proses alami wanita memasuki masa puber. Pada masa ini, tubuh mengalami proses deskuamasi atau meluruhnya dinding rahim bagian dalam dan keluar melalui vagina.

Ternyata, proses natural pada tubuh wanita ini masih menjadi perdebatan para ahli, terutama mengenai fenomena menstruasi pada usia dini.

Banyak yang berujar bahwa menstruasi pada anak perempuan dipengaruhi oleh faktor hormon. Namun, adapula yang berujar gen, makanan, atau juga lingkungan tempat tinggal.

Namun, para peneliti menemukan bahwa menstruasi terlalu dini tidaklah baik. Berdasarkan kumpulan penelitian dari Psychology Today, menstruasi terlalu dini ternyata dapat mencerminkan kehidupan masa kecil anak perempuan.

Jika anak perempuan tersebut kurang bahagia, perhatian, dorongan, sensitivitas, dan dukungan emosional dari orangtua, maka dia akan mengalami pubertas sebelum usia remaja, termasuk fase menstruasi.

Tak hanya itu,penelitian besar yang dilakukan Inggris terhadap 80.000 wanita ini juga mengungkapkan, menstruasi dini dapat disebabkan dengan kelahiran bayi dibawah bobot normal, dampak terkena asap rokok, kurang gerak tubuh saat kecil, dan obesitas pada anak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber bustle.com
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com