Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wanita "Multitasking" Tahu Cara Menjinakkan Kebosanan Rutinitasnya!

Kompas.com - 31/10/2015, 09:30 WIB
Muhamad Malik Afrian

Penulis

KOMPAS.com - Bemampuan multitasking bagi seorang wanita merupakan anugrah sehingga hidup mereka begitu produktif. Jangankan di kantor, ketika bersama keluarga pun mereka cenderung mampu melakukan segalanya sekaligus.

Banyak wanita karir di era modern saat ini bisa memperlihatkan kemampuan "super" itu di berbagai aktivitasnya. Terkadang saat makan siang pun, berkirim pesan dengan klien atau berbalas email melalui gadget-nya bukan hal tabu. Jangan heran, wanita masa kini terbilang tak kalah produktif ketimbang pria.

Seperti dikutip Indiatimes pada Januari 2014 lalu, Ragina Verma, profesor dari Departemen Radiologi di Perelman School of Medicine, University of Pennsylvania, dan rekannya mengungkapkan bahwa performa wanita lebih baik saat multitasking.

Namun, agar tetap produktif dan tidak terjadi penurunan kinerja, perlu adanya refreshing atau perubahan yang bisa dilakukan di tengah rutinitas. Berikut beberapa tips sederhana yang biasa dilakukan para "wanita super" itu untuk menghilangkan kebosanannya menghadapi rutinitas

Tentukan skala prioritas

Wanita masa kini terbiasa dengan gadget yang juga multitasking untuk memudahkan berbagai aktivitasnya. Tujuannya, semua pekerjaan yang menumpuk harus bisa cepat terselesaikan.

Namun begitu, pikiran jadi cepat terasa lelah dan kinerja semakin menurun. Mereka lupa skala prioritas.

Menentukan skala prioritas adalah hal mutlak untuk menghindari pola kerja serampangan. Caranya adalah membuat agenda harian. Setelah itu, urutkan dari paling utama hingga akhir untuk dikerjakan.

Dengan adanya list seperti ini, para wanita dapat mengurangi aktivitas multitasking-nya sehingga keseimbangan tetap terjaga dalam setiap aktivitas. 

Pilih jalur berbeda

Biasanya para wanita masa kini selalu mengerjakan sesuatu hal yang sama setiap harinya. Salah satunya ketika berkendara menuju kantor. Padahal, tak perlu seperti itu.

Sebutlah, jika Anda terbiasa menggunakan kendaraan pribadi menuju kantor, sesekali gunakan moda transportasi umum. Hal seperti ini akan memberikan visualisasi berbeda dan pengalaman baru. Rute perjalanan berbeda akan memberikan inspirasi dari rutinitas yang tidak membosankan.

Bedakan lokasi  

Hingga saat ini banyak wanita karir yang memiliki keluarga, namun sering melupakan perannya di rumah. Sebutlah, kurangnya komunikasi dengan anggota keluarga. Hal ini perlu menjadi perhatian ekstra.

Ya, jangan posisikan diri Anda sebagai atasan saat di tempat bekerja. Sebaiknya, posisikan diri Anda sebagai seorang wanita yang telah berumah tangga. Lupakan urusan kantor dan kembali menjadi ibu penyayang serta istri yang pengertian.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com