Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/11/2015, 07:53 WIB
Sri Noviyanti

Penulis


KOMPAS.com – 
Mood yang buruk pada awal pekan sekarang seolah jamak menyebar. Rasanya libur akhir pekan tak pernah cukup. Padahal, mood yang buruk tak akan bermanfaat saat menghadapi tumpukan tugas dan tantangan yang datang sejak detik pertama jam kerja pada Senin.

Daripada menggerutu apalagi bertindak brutal gara-gara mood buruk pada awal pekan, sejumlah hal bisa dilakukan untuk membangkitkan “mood Senin”. Berikut ini beberapa di antaranya:

Ubah pola pikir

Dikutip dari psychologies.co.uksalah satu cara membentuk mood baik saat Senin tiba adalah mengubah pola pikir. Terkadang, banyak orang membebani sendiri Senin-nya karena berpikir pekan ini harus lebih produktif dibanding pekan lalu.

Memasang target yang terlalu berat pada awal pekan bakal membuat Anda memiliki mood buruk sepanjang hari. Meski begitu, Senin adalah hari yang baik untuk menetapkan agenda mingguan, apa saja yang harus diselesaikan. Bila belum mau mencicil pekerjaan, buat saja dulu daftar wajib aktivitas yang harus dilakukan selama seminggu.

“Baiknya, lakukan hal-hal yang berbeda saat Senin tiba. Mood buruk bisa terjadi karena kejenuhan melakukan hal yang sama pada setiap minggunya,” ujar psikolog Anne Archer.

Menurut Archer, perubahan kecil pada hari itu akan berpengaruh besar bagi mood. Anda juga boleh memberi waktu luang 10 menit lebih lama untuk membaca buku yang disukai pada Senin pagi.

Selain itu, coba juga menumbuhkan motivasi untuk memulai hari. Selama ini, banyak orang memulai Senin dengan tergesa-gesa. Tinggalkan kebiasaan itu dan mulailah memotivasi diri semisal dengan membayangkan hal-hal kesukaan. 

Arti akhir pekan

Menjelang Senin tiba, Anda harus memiliki rencana untuk membuat sepanjang pekan ini terlewati dengan menyenangkan. Pilihan kegiatan akhir pekan memang bisa menjadi sarana juga menyiapkan mood baik pada Senin berikutnya. Sebaliknya, salah beraktivitas pada akhir pekan bisa juga jadi “bencana” bagi mood pada awal pekan yang segera tiba.

“Banyak dari kita yang hidup hanya untuk menunggu-nunggu akhir pekan datang. (Namun), kita jadi terlalu terpatok bahwa akhir pekan harus dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk berisitirahat atau seharian penuh bertemu sahabat dan menonton film," kata psikolog Denise Taylor.

Padahal, lanjut Taylor, memberi patokan semacam itu tak selalu memberi hasil bagus. “Tidak ada yang bisa menghentikan dan membatasi apa yang Anda pikirkan. Rencana pergi bertemu teman atau menonton ke bioskop boleh saja diatur sepulang kerja pada pertengahan pekan. Mengapa harus menyimpan hal-hal menyenangkan untuk akhir pekan saja?” tegas Taylor.

Berbelanja

Terutama untuk para wanita, belanja diyakini  menjadi salah satu cara ampuh menaikkan mood. Kalau Anda termasuk orang yang juga berpikir bahwa berbelanja harus pula disimpan untuk kegiatan akhir pekan, segera tanggalkan pikiran itu.

Dikutip dari Bustle (3/4/2015), satu penelitian pada 2013 di Inggris membuktikan bahwa wanita berada dalam mood terbaik saat berbelanja dalam rentang durasi dua jam. Penelitian itu menggunakan data survei yang melibatkan sekitar 2.000 responden.

Karena itu, bila Senin menjadi hari menyebalkan, coba saja berbelanja. Beberapa pusat perbelanjaan pun sudah menyadari keluhan soal awal pekan ini dan memberi potongan harga khusus saat Senin tiba.

Anda bisa mampir ke pusat perbelanjaan sepulang dari kantor. Atau bila terlalu repot, buka saja situs belanja online. Diskon khusus Senin juga tersedia di lapak-lapak digital ini. Sebut saja misalnya Bukalapak.com yang memberikan cashback Rp 50.000 untuk transaksi khusus menggunakan e-cash Bank Mandiri setiap Senin, dengan pembelian minimum Rp 200.000.

Jadi, masih saja mau berkutat dengan mood buruk setiap kali Senin tiba?

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com