Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kostum Barong Bali Seberat 27 Kilogram Diboyong Puteri Indonesia ke Amerika

Kompas.com - 11/12/2015, 20:00 WIB
Silvita Agmasari

Penulis


KOMPAS.com — 
Salah satu destinasi wisata Indonesia paling terkenal dalam lingkup internasional, tak terbantahkan lagi, yaitu Pulau Bali.

Alasan tersebutlah yang menginspirasi Anindya Kusuma Putri, Puteri Indonesia 2015, untuk meningkatkan popularitas budaya Bali di ajang Miss Universe 2015 yang sedang dalam masa karantina di Las Vegas, Amerika Serikat.

Pada kompetisi kostum nasional di Miss Universe, Anindya bakal mengenakan kostum barong Bali dengan tema "Mythical Eyes on Barong".

Tak tanggung-tanggung, bobot kostum barong Bali tersebut mencapai 27 kilogram.

Anindya yang memiliki panggilan akrab Anin, lewat akun Instagramnya, menulis bahwa kostum barong Bali itu nantinya akan menonjolkan bagian mata barong yang ikonik.

"Mata adalah jendela jiwa, bisa dipergunakan untuk kebaikan dan keburukan tergantung dari pemilik mata tersebut. Mata dapat memperlihatkan masa lalu dan juga masa depan. Ini mengajarkan kita bahwa perempuan muda saat ini dapat memilih untuk menjadi panutan dan segala sesuatu untuk hal baik," tulis Anin. 

Perancang berprestasi yang menciptakan kostum barong Bali yang digunakan Anin ini adalah Dynand Fariz.

Dynand merupakan sosok yang memprakarsai Jember Fashion Carnival dan telah dipercaya oleh Yayasan Puteri Indonesia untuk merancang kostum sarat inovasi, khusus ditampilkan pada ajang Miss Universe.

Tahun lalu, kostum Borobudur hasil rancangan Dynand yang dikenakan oleh Elvira Devinamira berhasil meraih gelar kostum nasional terbaik.

Saat itu, Elvira mengenakan kostum nasional bertemakan Borobudur dengan bobot 20 kilogram.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com