Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/12/2015, 12:35 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

Sumber Dailymail


KOMPAS.com --
Semangat merayakan Natal tak berarti membuat Anda jadi melupakan etika dalam bertamu dan ikut berpesta di perayaan Natal.

Julie Lamberg Burnet, Founder dan CEO dari sekolah etika, Sydney School of Protocol, memaparkan beberapa etika untuk merayakan Natal seperti berikut ini:

1. Berbusana yang pantas
Burnet menyarankan, Anda untuk bertanya terlebih dahulu kepada tuan rumah, adakah dresscode untuk pesta Natal yang dia selenggarakan.

"Hindari berbusana layaknya dekorasi pohon Natal. Ingat, prinsipnya, semakin sederhana semakin baik. Hindari terlalu gemerlap, simpan itu untuk perayaan Tahun Baru," ujar Burnet.

2. Bawa buah tangan untuk tuan rumah
Membawa buah tangan untuk tuan rumah yang mengundang Anda adalah salah satu bentuk etika di negara barat. Tak ada salahnya untuk juga mempraktekkan hal ini di Tanah Air sebagai bentuk apresiasi Anda terhadap undangan sang tuan rumah.

3. Buka hadiah dengan hati-hati
Saat ada pertukaran hadiah, bukalah bungkus kado hadiah Anda dengan perlahan, meski Anda sangat bersemangat. "Bukalah secara perlahan, hargai bungkus hadiah nan cantik, buat ini menjadi pengalaman berbahagia bagi Anda dan orang yang memberikan hadiah," sarannya.

4. Hindari argumen
Hindari pembahasan politik atau agama, terutama di meja makan. Pilih topik perbincangan yang lebih ringan dan melibatkan orang-orang disekitar Anda.

5. Jauhkan telepon genggam
"Jangan terus memperhatikan ponsel, atur dalam keadaan diam dan jangan bermain ponsel Anda ketika Anda sedang bersosialisasi atau sedang di meja makan. Jika harus menelpon, pergilah ke tempat yang lebih sepi," ucap Burnet.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber Dailymail
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com