Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahkan, Maria Harfanti Berani "Jualan" Batik di Ajang Miss World...

Kompas.com - 28/12/2015, 16:49 WIB
Sri Noviyanti

Penulis

KOMPAS.com – Ajang Miss World 2015 baru saja berlalu dengan keriuhan dan drama di dalamnya. Satu hal yang perlu dicatat juga adalah munculnya aneka ragam kain dan motif batik Indonesia di sana.

Maria Harfanti, Miss Indonesia inilah yang mengenalkan kekayaan ragam kain dan motif batik di ajang tersebut. Selama menjalani masa karantina dan penilaian, Maria, yang kemudian menjadi juara ketiga ajang tersebut, kerap mengenakan busana berbahan kain tradisional dan batik.

Pada akun Instagram pribadinya, @mariaharfanti, ia terlihat beberapa kali beraktivitas mengenakan batik. Dalam salah satu foto, Maria mengenakan blouse tanpa lengan dengan motif batik Parang Rusak berwarna cokelat dengan paduan celana panjang putih.

Dilansir Kompas.com (20/12/2015), motif tersebut memiliki filosofi sebagai lambang manusia internal melawan kejahatan dengan mengendalikan keinginan sehingga membuat seseorang menjadi lebih bijaksana dan memiliki watak mulia.

Pada foto lain, Maria mengenakan busana bermotif floral dengan pasangan rok motif batik. Busana ini dia pakai saat menghadiri Sanya Beach Party. "Wherever I am, I Show my identity, culture, and pride as an Indonesian," tulis Maria dalam salah satu foto lain.

Dengan kalimat itu, Maria menyatakan keinginannya selalu memperlihatkan identitas budaya di mana pun dia berada. Dia Bangga menjadi orang Indonesia.

Lewat foto-foto selama ajang Miss World 2015, Maria tak hanya memperlihatkan kebanggaan, tetapi juga membuktikan bahwa batik cocok dikenakan dalam beragam kegiatan. Padu-padan batik yang dikenakannya saat acara cocktail party tak membuatnya terlihat salah kostum. Busana tersebut bisa menjadi rekomendasi untuk acara serupa bagi Anda.

Terlebih lagi jenis batik di Indonesia sudah tak terhitung. Kain Nusantara itu sudah ada dengan beragam motif dan warna dari tiap daerah. Dengan sedikit berkreativitas memadu-padankan kain dengan busana lain, Anda pun bisa seperti Maria.

Lagi pula, saat ini tak sulit menemukan batik. Mulai dari toko pakaian, pusat belanja hingga situs belanja online seperti Bukalapak.com menyediakannya. Jadi, kenapa tak mulai juga mengenakan batik untuk beragam agenda acara?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com