Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesona Besar di Balik Sifat-sifat Orang yang Pemalu

Kompas.com - 17/01/2016, 16:27 WIB
Silvita Agmasari

Penulis


KOMPAS.com --
Wajah mudah berona, bicara kerap tak terdengar saking terlalu pelan, dan sering salah tingkah ketika harus menghadapi orang baru, merupakan ciri-ciri orang bersifat pemalu.

Anda yang memiliki sifat tersebut, jangan bersedih. Sebab, sifat pemalu ternyata memiliki pesona yang luar biasa. Hal ini dibuktikkan oleh penelitian yang dilakukan oleh University of California Berkeley.

Para peneliti melakukan eksperimen dengan cara membuat panel juri, untuk menilai orang-orang yang nampak gugup atau canggung.

Deskripsi responden dengan sifat pemalu atau sering canggung di sini adalah sering menghindari tatapan mata dari orang lain, memiringkan kepala ke satu bagian, tersenyum dengan gugup, atau menyentuh wajah dengan tujuan menyembunyikannya.

Hasil dari survei terbut menunjukkan, jika orang yang pemalu dan ccanggung lebih dipercaya dalam suatu permainan yang berhadiah uang. Selain lebih mudah dipercaya, orang pemalu juga dinilai memiliki perilaku yang lebih mudah diajak kerjasama dan berdaya tarik atraktif.

Pada esksperimen terpisah, peneliti menunjukkan, foto-foto orang dengan wajah pemalu. Kemudian, partisipan diminta memilih orang di foto tersebut sebagai kelompok belajar bersama. Ternyata, foto orang dengan ekspresi pemalu lebih banyak dipilih oleh partisipan.

"Nampaknya sifat pemalu berujung pada hal yang manis dan positif. Penelitian ini bisa membantu untuk menavigasi salah langkah di kehidupan sosial," tulis rangkuman pada hasil studi. 

Jadi, mulai sekarang, jangan anggap sifat pemalu atau canggung Anda sebagai sesuatu kekurangan. Sebaliknya, manfaatkan sebagai aset dalam memenangkan perhatian orang-orang sekitar Anda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com