Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Mengapa Anda Hanya Perlu Cek Email 2 Kali dalam 1 Hari

Kompas.com - 22/01/2016, 09:30 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

Sumber Dailymail


KOMPAS.com --
Menggunakan kombinasi psikologi dan neuroscience, penulis buku sekaligus pelatih kerja, Caroline Webb, memberi sejumlah tip untuk membuat pekerjaan Anda jauh lebih efektif dan efisien.

Berikut uraiannya:


1. Jangan terus periksa email
Stop melihat kotak masuk email Anda.  Webb berkata, "Ketika Anda berpikir jika Anda melakukan multi tasking, Anda bicara dengan orang lain sambil cek email, sebenarnya Anda  melakukannya satu persatu,".

Webb mengingatkan, bolak-balik cek email membuat seseorang hilang fokus dan menguras banyak waktu serta tenaga. Saran Weeb, cek email Anda dua kali saja dalam satu hari.

2. Jadi orang yang murah hati
Saat Anda merasa sedang terpuruk, cobalah untuk memabantu orang lain. Penghargaan dari lingkungan sekitar Anda, walau hanya lewat kata terima kasih, dapat membuat suasana hati menjadi lebih baik.

3. Membuat 'to do list' yang panjang
Semakin panjang to do list Anda, maka akan semakin meningkatkan level kepuasan Anda jika dapat mencapai banyak hal.

4. Jangan membuat asumsi
Jangan membuat asumsi apapun, terutama saat berada di tempat kerja. "Otak menangkap hal kecil saat Anda mencari bukti untuk mengkonfimasi asumsi Anda," ujar Webb. 

Jika terjadi skenario buruk, di mana Anda terlibat konflik, Webb menyarankan, untuk menggunakan kalimat "Orang baik yang terjebak di waktu yang salah", agar Anda jangan berprasangka dengan orang lain.

5. Siapkan lagu favorit Anda
Untuk mengurangi rasa gugup sebelum rapat atau menghilangkan stres di tengah tenggat waktu, dengarkan lagu favorit Anda.

Musik dapat memicu perasaan positif dan memicu ingatan baik dari otak Anda. Jadi selalu siapkan musik favorit Anda id gadget atau komputer kerja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Dailymail
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com