Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Batik Kudus Motif Padma Tampil Memikat di Pekan Mode New York

Kompas.com - 15/02/2016, 21:32 WIB
Syafrina Syaaf

Penulis

KOMPAS.com — Sepanjang satu pekan penuh, mulai dari Rabu (10/2/2016) hingga Kamis (18/2/2016), kota New York di Amerika Serikat merayakan pergelaran akbar untuk insan mode, New York Fashion Week 2016 (NYFW 2016).

Sejumlah perancang busana dengan koleksi terbaik dan inspiratif turut berpartisipasi meramaikan NYFW 2016.

Salah satu hal yang membanggakan dari deretan nama yang khas dengan nama orang asing, ada satu nama familiar di ranah mode Indonesia, yaitu Denny Wirawan.

Ya benar, pada Minggu (14/2/2016) waktu setempat, Denny Wirawan menghelat pergelaran busana dengan tema “Padma” di Fashion Gallery New York Fashion Week 2016.

Ketertarikan Denny terhadap pesona batik kudus jelas belum usai. Sebab, setelah sukses menampilkan koleksi Balijava Batik Kudus pada September 2015 lalu, sekarang Denny kembali menebarkan keindahan batik kudus di NYFW 2016 atau Pekan Mode New York.

Kekaguman seorang anak bangsa terhadap nilai-nilai dan filosofi sastra Nusantara, khususnya kain batik, terangkum penuh rasa hormat dalam 15 gaya padu padan koleksi Balijava Batik Kudus karya Denny Wirawan.

Namun, karena mengangkat material kain batik, tak berarti Denny terjebak dengan nilai tradisional masa lalu.

Sebaliknya, kegemarannya untuk memadukan dua hal yang bertentangan dan menyatukan hal yang kontras menjadikan kreativitas Denny terpacu sehingga rancangannya pun lahir dengan inovatif.

DOK. DENNY WIRAWAN Busana terbaru karya Denny Wirawan yang tampil di New York Fashion Week 2016.
“Tema koleksi saya untuk New York Fashion Week ini adalah ‘Padma’ yang merupakan bunga lotus atau teratai. Motif Padma adalah motif asli dari Kudus, tapi saya menggabungkannya dengan wajikan yang modern,” jelas Denny Wirawan saat wawancara bersama Kompas Female  di Fashion Gallery New York Fashion Week, Manhattan, New York, AS.

Teknik tabrak motif memang merupakan karakter utama dari keseluruhan rancangan Denny, baik pada waktu lalu maupun pada masa kini.

Konsep tersebut terlihat kental pada koleksi Denny untuk New York Fashion Week 2016 ini. Perpaduan motif wajik dengan motif Padma tergubah dengan nuansa gemulai khas wanita Jawa.

DOK. DENNY WIRAWAN Koleksi terbaru Denny Wirawan di New York Fashion Week 2016

Kontradiksi motif dan nuansa di tangan Denny ini menjelma menjadi sebuah rangkaian koleksi busana khas Indonesia yang elegan dan modern.

Selain itu, perpaduan kontras juga terlihat pada struktur busana yang menggabungkan gaya tegas cape dan beskap dengan keanggunan detail A line di bagian bawah.

Kehadiran permainan tabrak gaya ini pun tampil sebagai elemen busana yang kehadirannya memberikan sentuhan ultramodern.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com