Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/03/2016, 09:18 WIB
Anne Anggraeni Fathana

Penulis

KOMPAS.com – Dalam wawancara dengan MSN pada 2010, Taylor Swift, penyanyi dan penulis lagu asal Amerika Serikat, mengaku dia tak selalu menyukai dirinya sendiri. Terkadang, dia pun merasa kurang percaya diri dan menganggap tubuhnya tidak bagus.

Padahal, Swift boleh dibilang punya segalanya. Dia memulai karier pada usia 14 tahun lewat genre musik country dan langsung menjadi penulis lagu termuda yang pernah dikontrak studio musik Sony/ATV Music.

Sejak album pertama sampai sekarang, Swift telah menyabet 10 piala Grammy dan 19 penghargaan American Music. Sampai awal 2016, album lagu Swift sudah terjual 40 juta copy dan dia menjadi lima artis dengan penjualan digital terbaik.

Tak hanya Taylor Swift, merasa minder lumrah dirasakan oleh sebagian besar orang. Tak jarang perasaan negatif ini muncul saat seseorang melihat kelebihan orang lain lalu luput akan kebaikan dirinya.

Jika kebablasan, kurang percaya diri dapat menggiring Anda pada stres dan bahkan depresi. Nah, di bawah ini beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menghindarinya

Belajar cintai diri apa adanya

Cobalah menyediakan waktu luang untuk bicara pada diri sendiri. Cari tahu hal terbaik dan kekurangan Anda. Setelah itu, fokuslah mencari solusi mengatasi kekurangan yang ada.

Thinkstockphotos Ilustrasi

Langkah ini dapat membantu Anda nyaman dengan diri sendiri. Percayalah, ketika Anda melihat seseorang begitu sempurna, sesungguhnya mereka pun sedang berusaha maju mengembangkan kemampuan dirinya.

Olahraga

Berdasarkan penelitian Departemen Kesehatan dan Layanan Sosial Amerika Serikat, Anda yang berolahraga selama 30 menit sampai 60 menit atau lima hari seminggu terbukti memiliki jiwa lebih sehat.

Ini karena hormon endorfin—dikenal juga sebagai hormon kebahagiaan—di dalam tubuh otomatis meningkat ketika seseorang melakukan latihan fisik. Sebaliknya, hormon kortisol pemicu stres dan adrenalin turun pada saat bersamaan.

Terlebih lagi, olahraga rutin juga membantu membentuk tubuh ideal serta menjaga stamina. Nah, bila Anda sehat dan semakin menyukai pantulan diri di cermin, maka akan makin tinggi pula kepercayaan diri Anda, bukan?

Selfie

Swafoto memang sering dikaitkan dengan citra narsisme generasi muda. Padahal, baik atau buruk suatu hal tergantung niatnya. Ubah pemikiran Anda tentang selfie mulai hari ini.

Lupakan segala peraturan tentang selfie dan jangan sungkan melakukan potret diri secara spontan. Sadarlah, Anda rupawan apa adanya!

Dok. Oppo Selfie Isyana dan Rio

Terlebih lagi, ponsel kamera zaman sekarang sudah memiliki kemampuan menjepret gambar cukup dengan lambaian tangan. Ada juga fasilitas screen flash yang membuat selfie tetap menghasilkan gambar jelas sekalipun diambil di tempat yang kurang pencahayaan.

Kamera depan di ponsel kamera juga sudah punya resolusi sampai 8 megapiksel (MP). Demi memupuk percaya diri, selfie dengan pose terbaik dan hasil maksimal bisa jadi alat bantu, termasuk mencegah kesan berlebihan penampilan diri.

Selamat mencoba!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com