Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/03/2016, 11:41 WIB
Adhis Anggiany Putri S

Penulis

KOMPAS.com"Apakah hatiku pernah benar-benar mencinta? Tidak! Sungguh aku belum pernah melihat kecantikan sejati hingga malam ini," ucap Romeo saat pertama kali beradu pandang dengan Juliet. Dari satu tatapan ini, kisah roman mereka pun dimulai.

Percayakah Anda dengan "cinta pada pandangan pertama" laiknya adegan karya Shakespeare di atas? Dikutip dari Businessinsider.com, sebuah penelitian mendapati pria yang menatap perempuan selama minimal 8,2 detik kemungkinan besar akan jatuh cinta pada si wanita.

Kalau Anda percaya hal itu, apa yang paling menarik dari sebuah pandangan pertama? Apakah mata merupakan salah satunya?

Mata memang memiliki daya tarik tersendiri, pada beberapa kasus bahkan membuat orang jatuh hati. Karena itu, tak salah jika kemudian merias mata menjadi salah satu prosesi penting bagi kaum hawa sebelum memulai aktivitas maupun tampil selfie di media sosial.

Memang, teknologi kamera ponsel kian canggih sehingga banyak fitur bisa menyulap foto selfie tampak ciamik, misalnya fitur Beautify 3.0 yang menjadikan kulit wajah mulus otomatis. Beragam filter mampu mempercantik gambar pula, apalagi bila kamera depan ponsel yang dipakai memiliki resolusi 8 megapiksel (MP).

Namun, kehadiran teknologi dan fitur-fitur penunjang seperti itu tak akan berkurang manfaatnya, ketika sejak awal mata juga sudah dirias kinclong. Justru, paduan antara kenyataan dan fitur ponsel kamera untuk selfie bisa jadi akan menghadirkan tampilan diri yang kian menarik hati di media sosial.

Ragam mata

Tiap orang punya bentuk mata berbeda, ada yang bulat, sipit, cekung, menyerupai almond, atau berkelopak besar. Semuanya memiliki karakter khusus sehingga butuh polesan berbeda pula.

Bagi perempuan bermata almond seperti penyanyi Beyonce atau aktris Angelina Jolie, misalnya, riasan mata bisa dibuat lebih beragam dengan banyak warna eyeshadow. Adapun penggunaan eyeliner cukup mengikuti kurva alami mata.

thinkstockphotos Ilustrasi

Untuk acara lebih formal, aplikasikan garis lebih tebal di atas mata lalu tambahkan efek smudge atau pudar pada bawah mata. Teknik ini bisa mempertegas keindahan mata berbentuk almond.

Jika mata Anda bertipe cekung, lain lagi tekniknya. Warna eyeshadow dipilih hanya yang cerah dan lembut, hindari aplikasi warna gelap pada kelopak mata.

Agar mata cekung terlihat lebih besar dan bercahaya, lebih baik gunakan eyeliner tepat di garis tumbuhnya bulu mata, poleskan agak tebal tanpa perlu memberi "ekor" di ujungnya. Riasan Jennifer Aniston dan Kristen Stewart bisa jadi contoh.

Lain lagi, mata berkelopak besar seperti aktris Blake Lively justru dianjurkan memilih riasan warna gelap seperti smokey eyes. Bulu mata wajib dipoles maskara pula. Perpaduan warna gelap dan bulu mata tebal bisa menyamarkan lipatan kelopak yang terlalu banyak.

Bagaimana jika mata Anda berbentuk sipit? Sebenarnya, mata model ini bisa mengeluarkan aura misterius dan seksi, seperti penyayi pop Taylor Swift atau pemain film Kirsten Dunst. Tapi tentu ada caranya.

Pilih warna-warna cerah untuk menghias kelopak mata, sedangkan eyeliner diaplikasikan sedikit lebih tebal pada bagian ujung agar mata terkesan lebih besar. Jika hendak pergi ke pesta atau acara formal lain, riasan cat eye atau mata kucing dengan garis meruncing di sisi luar mata patut dicoba.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com