Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Pola Asuh Paling Bijak Menghadapi Anak Temperamental

Kompas.com - 07/05/2016, 16:56 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

Sumber Parenting

 

KOMPAS.com - Masing-masing anak tentunya memiliki karakter yang berbeda-beda. Dalam membesarkan anak yang masih dalam fase berkembang, penting bagi orangtua untuk memberikan kesempatan si kecil mengenali diri sendiri. 

Satu hal lain yang sering terlupakan, orangtua janganmemaksakan keinginan terhadap anak.

"Hargai tempramen dan kemampuan anak Anda, karena perlindungan orangtua mempengaruhi temperamen anak," ujar Dr. Sam Goldstein, Psikolog Anak, dan penulis buku Raising Risilient Children.

Goldstein menyarankan langkah-langkah berikut ini untuk orangtua memahami sifat si kecil: 

Cari pengetahuan lebih banyak

Anda harus memahami dan menerima ketika anak Anda mulai tempramen. Selain itu, sebagai orang tua, Anda harus memiliki pengetahuan yang luas mengenai perilaku dan menghadapi temperamen anak. 

Dr. Goldstein mengatakan bahwa orangtua harus aktif mencari dan menambah informasi mengenai dunia anak.  Sebab, setiap anak berbeda, maka cara menanganinya pun tidak sama.

Pola pikir Anda

Untuk mendidik anak menjadi lebih baik, sebagai orangtua pun harus memilki pola pikir yang juga baik.

Bijaksana

Orangtua harus menyadari, terkadang banyak hal yang tak dipaksakan untuk anaknya. Jadi, berilah si kecil sedikit ruang untuk kreativitasnya dalam mencoba hal-hal baru.

Namun, Anda tetap masih mengawasi. Terkadang prosesnya juga tidaklah sebentar, membutuhkan waktu yang lama.

"Beberapa anak membutuhkan waktu lama untuk merasa nyaman dan percaya diri dalam membuat kesalahan dan belajar dari pengalaman negatif," tambah Dr.Goldstein.

Orangtua harus bekerjasama

Anda bersama pasangan harus bisa bekerja sama dalam hal mendidik anak. Sebab, sifat dan karakter seorang anak, pasti akan terlihat dari apa yang orangtua lakukan kepada mereka. Hubungan ayah dan ibu yang harmonis akan berpengaruh signifikan pada emosional dan temperamen anak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Parenting
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com