Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/05/2016, 09:02 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

Sumber Vogue

KOMPAS.com  Para wanita yang bekerja bisa berbangga diri, mereka akan bisa segera menggunakan emoji untuk mendeskripsikan diri mereka dengan gambar.

Google baru saja mengumumkan bahwa mereka telah memasukkan proposal ke Unicode Consortium, lembaga yang mengatur emoji. Dalam proposal ini, raksasa teknologi tersebut mengusulkan untuk menambahkan 13 emoji perempuan berbasis pekerjaan.

Untuk saat ini, emoji wanita karier yang ditawarkan oleh Unicode Consortium hanya sebatas putri, penari salsa, serta wanita dengan telinga kelinci dan bodysuit hitam.

Padahal, menurut polling di Adweek, pengguna emoji terbesar di dunia adalah wanita (78 persen).

Dalam proposal tersebut, Google mengutip artikel opini oleh Amy Butcher mengenai kurangnya respresentasi wanita karier dalam emoji. “Di manakah pengacara, akuntan, dan doktor bedah?” tulis Butcher.

“Mengapa ada ruang untuk kotak bento dan sebuah udang goreng, tetapi wanita hanya terbatas pada segelintir peran yang berfokus pada kecantikan?” imbuhnya.

Beberapa contoh dari emoji yang diajukan Google adalah dokter, ilmuwan, tukang ledeng, dan yang paling menarik, penyanyi rock yang terinspirasi oleh Ziggy Stardust, David Bowie.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com