Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/05/2016, 17:47 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

KOMPAS.com -- Ketika seorang anak sudah mulai tumbuh dewasa, orangtua harus bisa melepaskan anak. Sebab, ada kemungkinan bila anak Anda harus pergi dari rumah karena berkuliah di tempat yang jauh dari rumah. Jika Anda sudah memberikan banyak bekal, Anda tak perlu cemas dan khawatir. 

Bekal yang dimaksudkan adalah bekal anak untuk beradaptasi dengan lingkungannya melalui komunikasi yang baik. Sebab, ketika anak berada di lingkungan yang baru, yang menentukan apakah anak akan merasa nyaman atau tidak adalah dirinya sendiri.

"Dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan, kembali lagi ke kemampuan adaptasi dari individu. Mempelajari kemampuan adaptasi ini bisa didapat dari orangtua dan teman," ujar Nana Gerhana, M.Psi., Psikolog kepada Kompas.com, saat ditemui di Jakarta Pusat, Kamis lalu (19/5/2016).

Nana menambahkan, jika seorang individu sejak kecil sudah tidak mandiri, atau individu tidak adaptable, dia akan sangat susah untuk beradaptasi di lingkungan sosial.

Untuk itu, pembelajaran seperti ini harus dibekali orangtua sedini mungkin. Sebab, jika anak yang sudah besar dan tidak memiliki bekal, kemungkinan besar dia akan lebih sulit untuk bersosialisasi dan beradaptasi dengan orang disekitranya.

Ketika anak beradaptasi ada beberapa hal yang harus dilakukan. Salah satunya ialah awal menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru dapat dikatakan tidak mudah. Sebab, satu individu harus bisa melihat dan menyesuaikan dengan individu lainnya. Ajarkan anak Anda agar menjadi individu yang dapat diterima di lingkungannya.

"Biasanya, kemampuan kita beradaptasi adalah diawali dengan observasi lingkungan, membenahi diri dulu, jadi karakter yang menyenangkan dulu, karakter yang paling gampang adalah karakter [yang] ramah, banyak senyum, dan memiliki sopan santun," kata Nana

Oleh karena itu, bantulah anak untuk belajar dari hal kecil agar bisa beradaptasi dengan lingkungan, terutama dengan lingkungan yang baru. Kemudian, melalui adaptasi ini, anak akan belajar lebih banyak lagi sehingga dapat menghargai dan peduli dengan orang lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com