Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/06/2016, 06:50 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

Sumber BOLDSKY

  

KOMPAS.com - Selain untuk dikonsumsi, kopi juga bisa menjadi alternatif dalam berbagai perawatan kencatikan.

Kopi memiliki khasiat agar kulit Anda akan terlihat sehat dan bahagia. Anda dapat membuat conditioner, scrub tubuh, dan masker wajah buatan sendiri menggunakan biji kopi.

Selain itu, biji kopi juga bermanfaat untuk mengurangi munculnya selulit pada tubuh Anda. Anda ingin mengetahui lebih lanjut manfaat biji kopi? Simak beberapa hal berikut ini:

Mengangkat kulit mati

Bagian dari ampas kopi yang kasar bisa dijadikan bahan alami untuk mengangkat kulit mati. Untuk mendapatkan hasil yang lebih bagus, Anda dapat mencampurkannya dengan minyak zaitun atau air, kemudian digosokkan ke tubuh Anda, seperti scrub biasa.

Pewarna rambut

Jika Anda ingin membuat rambut terlihat lebih coklat, gabungkan kopi bubuk dengan conditioner, kemudian aplikasikan pada kulit kepala. Diamkan selama lima sampai sepuluh menit, kemudian bilas.

Pengobatan selulit

Melalui biji kopi dapat mengobari selulit Anda. Lakukan pencampuran bubuk kopi dengan air, kemudian gosok kulit dalam beberapa menit. Jika Anda melakukan ini akan membantu mengencangkan kulit Anda.

Perawatan pada kaki

Biji kopi yang kaya dengan antioksidan dapat menghilangkan bau. Gabungkan minyak kelapa dan bubuk kopi. Kemudian, rendam kaki Anda dengan air hangat. Menggunakan campuran kopi, gosok kaki Anda dan bilas. Ini dapat membantu menyingkirkan kulit mati dan menghilangkan bau.

Masker wajah

Kopi sangat bagus untuk digunakan sebagai bahan masker wajah karena dia dapat membantu mengencangkan kulit. Campurkan bubuk kopi, madu, dan yoghurt, lalu aduk merata. Oleskan pada wajah dan diamkan selama 30 menit sebelum membilasnya dengan air dingin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BOLDSKY
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com