Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/06/2016, 11:38 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

Sumber Dailymail

KOMPAS.com  Jika Anda memiliki uang yang tidak terbatas, berapa banyak yang akan ada keluarkan untuk membeli sebuah tas?

Disebut sebagai “sepotong sejarah mode” oleh balai lelang Christie’s, sebuah tas Diamond Himalaya Nicotilus Birkin 30 telah dibeli oleh seorang kolektor dari Asia dengan harga 300.168 dollar AS atau sekitar Rp 4,87 miliar.

Tas tersebut dibuat dari kulit buaya albino yang diternakkan sendiri oleh Hermes dan dihias menggunakan emas putih 18 karat dan 245 berlian.

Ini bukan kali pertama tas Hermes menjadi tas termahal di dunia. Bahkan, secara reguler, Birkin menyabet rekornya sendiri.

Bulan lalu saja, sebuah tas Birkin berkulit buaya warna merah dengan emas dan berlian terjual di angka 298.000 dollar AS atau Rp 4,58 miliar. Kemudian, 10 bulan sebelumnya, Christie’s juga sudah menjual tas Birkin berwarna fuchsia dengan harga Rp 3 miliar.

Banyak penilai lelang setuju bahwa tas Birkin adalah tas yang tidak akan pernah turun harganya. Hal ini disebabkan karena kelangkaannya yang membuat tas ini menjadi obsesi para kolektor.

Menurut rumor, hanya satu atau dua tas Diamond Himalaya yang diproduksi setiap tahunnya. Kemudian, yang diperbolehkan untuk membeli tas ini hanyalah selebriti atau klien elite Hermes.

Bahkan untuk tas Birkin yang biasa saja, Anda tidak bisa sekadar datang ke toko dan membelinya dari rak. Anda harus mengantre dalam daftar tunggu yang pernah mencapai enam tahun.

Dalam siaran pers yang baru saja diterbitkan, Christie’s dengan singkat menyimpulkan, “Kreasi berlian Hermes memang luar biasa, tetapi tidak ada satu pun yang seikonik Himalaya.”

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com