Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Orangtua, Ajarilah Anak Lelaki Anda untuk Menghargai Wanita

Kompas.com - 25/07/2016, 19:02 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

 

KOMPAS.com – Tingginya angka kasus kekerasan seksual di Indonesia telah menjadi masalah bersama. Setiap individu sebaiknya ikut berpartisipasi untuk mengurangi kasus serupa.

Seperti halnya dengan memulai dari keluarga. Pola asuh orangtua merupakan bagian penting dari perkembangan anak.

Oleh karena itu, orangtua memiliki kewajiban untuk mengajarkan anak cara menghargai wanita agar tidak terjerumus dalam kasus kekerasan seksual.

Mariana Amirudin, Ketua Sub Komisi Partisipasi Masyarakat Komnas Perempuan, melanjutkan kepada Kompas.com saat ditemui di Jakarta, Kamis (21/7/2016), “Pola asuh terhadap anak harus dilakukan oleh kedua orangtua. Jangan hanya ibunya saja,".

Dia menambahkan bahwa dalam pola pengasuhan ini, sang anak, terutama anak laki-laki, perlu diajarkan bagaimana cara menghargai tubuh orang lain sehingga mereka tidak merendahkan dan mengobjektifikasikan wanita.

Selain itu, menurutnya juga anak-anak jangan sampai diperkenalkan dengan hal yang tidak benar, seperti halnya menggoda wanita-wanita yang dekat dengannya, walaupun hanya dengan bersiul.

“Lalu, beri tahu anak-anak bahwa itu merendahkan perempuan dan ajarkan bahwa itu bukanlah sesuatu hal yang baik,” jelasnya.

Kemudian, pola pengasuhan agar anak lebih menghargai wanita ini harus ditanamkan sejak kecil.

“Misalnya saat anak laki-laki menyukai seorang wanita, lebih baik ajarkan mereka untuk bertanya baik-baik kepada wanita yang mereka suka,” tutupnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com