Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Lama agar Perut Kembali Rata Setelah Bersalin?

Kompas.com - 26/07/2016, 16:35 WIB
Kontributor Lifestyle, Usihana

Penulis

Sumber Glamour

KOMPAS.com – Mengandung selama sembilan bulan, otomatis mendatangkan perubahan pada bentuk tubuh, terutama di bagian perut.

Banyak ibu mengkhawatirkan bentuk tubuh usai melahirkan, apakah bakal balik seperti sediakala? Apakah perut segera mengempis dan kembali pada ukuran semula?

Perut yang masih buncit tersebut tentunya menganggu dan membuat resah banyak ibu baru.

Sebenarnya, kenapa perut masih saja membuncit dan lebar meski sang buah hati telah lahir?

Banyak alasan mengapa perut wanita perlu waktu untuk beradaptasi dan kembali ke ukuran awal.

Menurut Jason James, M.D., seorang medical director di FemCare Ob-Gyn, Miami, uterus tidak otomatis kembali pada ukuran semula setelah sembilan bulan melebar tertarik sesuai ukuran janin.

“Banyak faktor yang mempengaruhi ukuran perut wanita usai persalinan, meliputi berat badan, usia, faktor genetik, ukuran bayi, aktivitas, diet, ASI, dan metode persalinan,” jelas Dr James.

Berdasarkan penjelasan Michael Cackovic, M.D., dari Ohio State University Wexner Medical Centre, perut butuh waktu setidaknya dua bulan setelah melahirkan untuk mengempis dan kembali seperti sebelum hamil.

“Ukuran perut kembali ke ukuran normal dalam waktu enam hingga delapan minggu,” ujar Carkovic.

Jennifer Wider, M.D., seorang pakar kesehatan menegaskan bahwa sangat jarang perut wanita kembali kencang dan rata beberapa saat usai melahirkan.

“Santai saja. Anda harus tahu 99 persen wanita tidak akan kembali beperut rata beberapa minggu usai melahirkan. Jadi, perut buncit Anda itu normal dan Anda akan baik-baik saja,” pungkas Wider.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com