Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kulit Anda Terbakar? Hindari Pemakaian Sabun Mandi

Kompas.com - 27/07/2016, 09:35 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

KOMPAS.com – Seharian berada di luar ruangan atau sedang berlibur di daerah tropis, membuat kulit terpapar sinar matahari lebih banyak, sehingga kulit pun jadi merah karena terbakar.

Lalu, bagi Anda yang hobi berenang, tentu sering mengalami kondisi kulit belang.

Oleh karena itu, demi menjaga kualitas kulit senantiasa cantik, maka Anda perlu merawat kulit apabila terjadi kondisi terbakar. Berikut uraiannya:

1. Fokus mendinginkan kulit

Paparan sinar matahari sampai membuat kulit menjadi belang, sebaiknya Anda segera melakukan perawatan pendinginan kulit. Anda bisa memulainya dengan minum air putih agar tidak dehidrasi.

American Academy of Dermatology merekomendasikan untuk melakukan kompres dengan air dingin pada kulit selama 10 hingga 15 menit sehari.

2. Gunakan pelembab

Menurut Matthew Gass dari British Association of Dermatologists, pelembab dapat membantu meringankan rasa sakit kulit akibat terbakar matahari.

Sementara itu, The American Academy of Dermatology mengatakan lidah buaya sebagai pelembab bisa juga membantu menyembuhkan kulit.

3. Hindari pemakaian sabun

Sabun ini merupakan bahan yang keras sehingga dapat membuat kulit lebih kering dan bagian yang iritasi lebih meradang. Sebaiknya, Anda memilih sabun dengan formula yang lembut. 

Kala kulit terbakar, sebaiknya hindari mandi dengan sabun dan jangan menggosok kulit yang terbakar terlalu keras.

4. Perhatikan perkembangan kulit terbakar

Jika kondisi kulit terbakar terus mengganggu dan menimbulkan rasa sakit yang berkelanjutan, sebaiknya Anda segera menghubungi dokter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com