Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/08/2016, 10:34 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

KOMPAS.com — Kita sering kali mendengar bahwa umur hanya sekadar angka. Namun, rupanya, perbedaan umur antara Anda dan pasangan bisa menjadi penentu kelanggengan hubungan.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Emory University di Atlanta, Amerika Serikat, perbedaan umur satu tahun antara Anda dan pasangan adalah yang paling ideal untuk pernikahan.

Mereka menemukan hasil ini setelah mempelajari 3.000 responden.

Selain itu, semakin besar perbedaan umur di antara pasangan, semakin besar juga kemungkinan mereka untuk bercerai.

Pasangan dengan perbedaan umur lima tahun memiliki kemungkinan bercerai sebesar 18 persen. Perbedaan umur 10 tahun menghasilkan kemungkinan bercerai 39 persen dan 95 persen dari pasangan dengan perbedaan umur 20 tahun akan bercerai.

Sementara itu, perbedaan umur satu tahun memiliki kemungkinan bercerai hanya tiga persen.

Para peneliti menjelaskan bahwa hasil ini disebabkan pasangan yang terpaut jauh secara umur memiliki minat dan tujuan yang berbeda dalam hidup sehingga sulit untuk menjalin hubungan yang erat.

Namun, tentu saja, hasil penelitian hanya sekadar data.

Seperti yang dikatakan oleh para peneliti, setiap pasangan berbeda-beda dan faktor lainnya, seperti anak, perilaku, dan harta, juga memengaruhi hasil dari penelitian ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com