Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/08/2016, 17:06 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

 

KOMPAS.com — Tinggal di negara tropis seperti Indonesia memang membuat kita menjadi tergantung dengan AC.

Terlebih lagi, setelah berkeringat di bawah sinar matahari, berdiri di bawah AC rasanya seperti menemukan oasis di tengah padang gurun.

Akan tetapi, sebaiknya Anda mengurangi kebiasaan untuk mendinginkan wajah dan badan di bawah AC karena hal ini dapat menyebabkan kulit menjadi kering.

Nah, kulit yang kering ini juga bisa menyebabkan timbulnya komedo yang berujung pada kulit yang berjerawat.

Seorang dermatolog, dr Eddy Karta, SpKK, menjelaskan bahwa salah satu penyebab dari timbulnya jerawat adalah adanya sumbatan pada pori-pori.

Lalu, sumbatan ini memiliki dua penyebab, yaitu komedo putih dan komedo hitam.

"Kalau komedo putih tuh atasnya tertutup, disebabkan produksinya banyak dan tidak bisa keluar," ungkapnya dalam acara peluncuran produk terbaru dari Pond’s di Jakarta, Kamis (11/8/2016).

Komedo putih yang tersumbat, menurut dr Eddy, disebabkan terlalu banyak bersejuk di depan AC sehingga kulit menjadi kering.

Saat kulit sedang kering, pori-pori akan memproduksi lebih banyak minyak untuk melembabkan. Namun, produksi minyak yang berlebih juga menyebabkan penyumbatan pada kulit dan menimbulkan komedo putih.

"Jika kulit tersumbat, maka akan menimbulkan komedo. Komedo sendiri merupakan cikal bakal dari jerawat," katanya.

Untuk itu, bagi Anda yang sering mendinginkan wajah di depan AC, sebaiknya mengurangi hal tersebut. Sebab, hal ini juga akan membantu Anda untuk mengurangi terjadinya jerawat pada kulit wajah Anda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com