Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sheikha Mozah, Ibu Negara Qatar yang Modis dan Berpengaruh

Kompas.com - 13/09/2016, 07:02 WIB
Kontributor Lifestyle, Rakhma

Penulis

KOMPAS.com — Her Highness Sheikha Mozah bintin Nasser Al Missned adalah istri kedua dari tiga istri mantan pemimpin Qatar, Hamad bin Khalifa Al Thani.

Wanita cantik yang selalu tampil elegan ini memiliki reputasi positif dalam memajukan Qatar, baik dari sisi politik, ekonomi, maupun industri kreatif.

Dunia mode mengenal Sheikha Mozah karena berhasil membeli rumah mode asal Italia, Valentino, dari firma ekuitas asal Inggris, Permira.

Rumah mode Italia sebesar Valentino merupakan target dominasi konglomerasi mode raksasa seperti LVMH atau Gucci Group.

Namun, tanpa banyak bicara dan pemberitaan, Sheikha Mozah tiba-tiba saja mengejutkan dunia dengan mengambil alih kepemilikan Valentino secara menyeluruh.

Ketertarikan Sheikha Mozah pada fashion tak perlu diragukan. Pasalnya, jelas terlihat bahwa dia sangat mawas dalam memperhatikan penampilannya, mulai dari penutup kepala hingga sepatu.

Banyak majalah mode di Timur Tengah menobatkan Sheikh Mozah sebagai seorang ikon mode pencetak tren yang modern tanpa meninggalkan gaya busana khas wanita Arab yang tertutup.

BRIGHTSIDE.ME Sheikha Mozah

Pesona Sheikha Mozah tidak sebatas penampilan, tetapi juga kepiawaiannya dalam berpolitik, meningkatkan taraf edukasi di Qatar, dan menjalin kerja sama diplomatik dengan sejumlah negara di dunia.

Salah satu kekuatannya dibuktikan dengan penobatan putranya, Tamim bin Hamad Al Thani, menjadi emir atau raja di Qatar.

Sebenarnya, Hamad bukanlah anak lelaki tertua dan tidak berada pada garis keturunan kerajaan untuk meneruskan kepemimpinan sang ayah.

Namun, berkat pengaruh sang ibu, dia berhasil menduduki tingkat pemerintahan tertinggi sebagai raja termuda di Qatar dan dunia.

Sheikha juga dikenal berhasil membawa Qatar pada pentas politik, ekonomi, dan wisata dunia menjadi jauh lebih baik dari sebelumnya.

Dia begitu mahir dan cerdas melobi negara-negara Barat untuk mengadakan kerja sama menguntungkan sehingga membuat Qatar lebih maju.

Berbeda dari istri-istri dari raja Arab pada umumnya, Sheikha aktif mengikuti dan mendampingi suaminya dalam perjalanan dinas.

Selain itu, dia juga turut menyumbang suara pada sejumlah keputusan diplomatik di Qatar.

Sejauh ini, Sheikha telah sukses mendatangkan investor untuk menanamkan model di Qatar, khususnya untuk industri pendidikan, sains, dan teknologi.

Salah satu keberhasilan Sheikha adalah membangun dan mengembangkan Qatar Science and Technology Park, yang digadangkan segera menjadi Silicon Valley kedua di dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com