Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/09/2016, 21:10 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

KOMPAS.com -- Apakah suami sudah tidak sebergairah tahun-tahun pertama pernikahan Anda? Atau dia hanya mampu bertahan sebentar saja?

Mungkin ini saatnya Anda bercinta dengan menyalakan lampu.

Sebab, sebuah penemuan terbaru berkata bahwa paparan cahaya dapat meningkatkan hormon testosteron dan meningkatkan kepuasan.

Banyak pria yang mengalami penurunan nafsu seksual setelah menginjak usia 40. Walaupun umur juga menjadi faktor, tetapi musim juga berpengaruh pada libido pria.

Para peneliti di University of Siena awalnya beranggapan bahwa penurunan ini diakibatkan oleh kurangnya paparan cahaya matahari dan biasanya terjadi di musim dingin.

Untuk membuktikan hal ini, mereka kemudian merekrut 38 pria yang telah didiagnosa memiliki libido yang rendah dan meminta setengah dari mereka untuk meluangkan waktu di pagi hari di dalam ruangan yang terang.

Menurut para peneliti, lampu berwarna putih yang digunakan dalam ruangan tersebut adalah simulasi cahaya matahari.

Ternyata,  pria yang menghabiskan waktu dalam ruangan terang tersebut mengalami kenaikan hormon testosteron hingga tiga kali lipat.

Lalu, mereka juga melaporkan kepuasan seksual yang lebih tinggi.

Ketua penelitian, Andrea Fagiolini, mengatakan kepada Independent, kita percaya bahwa ada beberapa hal yang dapat menjelaskan mekanisme ini.

“Misalnya, terapi cahaya dapat mnghambat kelenjar pineal yang ada di pusat otak dan meningkatkan produksi testosteron, dan mungkin beberapa efek hormon lainnya,” tuturnya.

Walaupun studi ini berhasil, Fagiolini tidak langsung merekomendasikan cahaya sebagai solusi medis untuk melawan libido pria yang rendah.

Dia mengusulkan untuk mereproduksi studi ini dalam skala yang lebih besar dan memastikan efektifitasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com