Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/10/2016, 20:06 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

KOMPAS.com – Dalam membangun hubungan yang sukses, tentu seseorang harus bisa menjadi pendengar yang baik untuk pasangannya.

Namun, sayangnya tidak semua orang berkarakter menjadi pendengar. Sebab, menjadi pendengar yang baik membutuhkan energi dan perhatian. Sementara itu, terlalu banyak orang yang tidak sabar untuk memotong dan menyatakan opininya.

Seorang terapis hubungan dan juga penulis, Juliet Grayson memberikan beberapa tips yang harus dilakukan untuk menjadi pendengar yang lebih baik.

1. Tenangkan pikiran dan hilangkan masalah internal

Ketika Anda menjadi pendengar, sebaiknya dengarkan apa yang dikatakannya sampai selesai. Setelah itu, barulah Anda bisa memberikan opini.

2. Pahami emosi di balik kata-kata mereka

Setelah Anda mendengarkan cerita dari dia, sebaiknya refleksikan kembali satu per satu. Selain memahami, usahakan juga untuk menunjukkan bahwa dia sedang didengarkan melalui bahasa tubuh dan nada suara.

3. Persiapkan diri Anda untuk mendengarkan

Ketika akan mendengarkan keluh kesahnya, persiapkan diri Anda untuk dapat menerima. Sebab, bisa saja dia mengatakan sesuatu yang berlawanan dengan pendapat Anda.

4. Biarkan dia mengulangi pembicaraannya

Bila dia mengulangi pembicaraan, hal ini menunjukkan bahwa dia merasa tidak didengar. Nah, maka dari itu, Anda pun harus menunjukkan bahwa ceritanya benar-benar didengar.

5. Refleksikan kembali ceritanya

Cara terbaik agar mereka tahu bahwa Anda pendengar yang baik adalah dengan merefleksikan kembali apa yang mereka katakan. Anda bisa melakukannya dengan mengonfirmasikan kembali ceritanya menggunakan kata-kata, nada, atau pun suara yang sama dengannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com