Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/10/2016, 19:05 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

 

KOMPAS.com – Terkadang, tidak hanya pada pria, ketika suhu di luar rumah lebih dingin, wanita pun menjadi malas untuk segera mandi dan membersihkan tubuhnya.

Bahkan, untuk mereka yang sering terlambat bangun, mereka memilih untuk tidak mandi daripada harus terlambat.

Mungkin hal ini terlihat sepele bagi Anda. Namun, kebiasaan ini tergolong jorok, walaupun tidak berbau. Mengapa demikian?

Seperti yang tertulis dalam artikel yang dipublikasikan dalam TwentyTwoWords, di dalam tubuh kita secara alami terdapat 1.000 jenis bakteri ditambah juga dengan 40 jenis jamur.

Namun, kandungan bakteri dan jamur ini ternyata tidak selamanya baik. Jika Anda tidak mandi, bakteri yang ada dalam tubuh bisa berkembang biak menjadi terlalu banyak.

Lalu, bakteri yang berbahaya juga bisa masuk ke dalam tubuh melalui lubang yang ada di tubuh Anda, seperti halnya mulut dan hidung.

Sementara itu, bakteri tidak berbahaya juga bisa menghasilkan 30 jenis bau tubuh dan menjadikan Anda dan orang-orang di sekitar menjadi tidak nyaman.

Untuk itu, setidaknya Anda harus mandi setidaknya satu kali sehari.

Sebab, seperti yang tertulis dalam jurnal Complementary Therapies in Medicine, berendam dalam air hangat setiap hari selama delapan minggu tidak hanya membuat tubuh Anda bersih dan jauh dari penyakit, tetapi juga bisa menjadi salah satu pereda kecemasan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com