Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Kencan Pertama Sukses? Semprotkan Aroma Lavender pada Tubuh

Kompas.com - 25/10/2016, 20:05 WIB
Kontributor Lifestyle, Rakhma

Penulis

Sumber She Said

KOMPAS.com – Kencan pertama, untuk sebagian orang, merupakan momentum penting yang bisa menentukan nasib status hubungan, apakah segera memiliki kekasih atau lanjut melajang?

Alhasil, banyak pria dan wanita mengalami panik dan gelisah menjelang kencan pertama.

Sindrom jantung berdegup kencan, sesak napas, tangan berkeringat, dan gatal-gatal bisa datang karena gugup menghadapi kencan pertama.

Menurut Angelina Saunders, penulis buku Lower Stress Naturally, kegugupan saat kencan pertama merupakan hal yang normal. Namun, Anda harus bisa meredakan dan menenangkan diri. Pasalnya, sikap grogi bisa merusak suasana romantis yang telah Anda persiapkan.

Saunders menyarankan tiga kiat untuk meredam kekhawatiran dan panik menghadapi kencan pertama, seperti berikut ini:

Latih pernapasan
Cobalah untuk melatih napas secara tepat. Lalu, hindari memilih busana atau gaun untuk kencan pertama dalam kondisi kalut dan panik.

“Salah satu cara praktis untuk memengaruhi kondisi fisik agar berangsur tenang adalah lewat lagu dan latihan napas. Jadi, sebelum benar-benar bertemu si dia. Latih napas Anda agar lebih rileks,” saran Saunders.

Berikan perhatian
Berdasarkan studi yang dipublikasikan oleh NeuroImage pada tahun 2013, melatih pikiran untuk lebih perhatian pada apa yang terjadi di depan Anda cukup efektif dalam meredakan kepanikan.

Jadi, jangan meresahkan hal-hal yang belum terjadi. Sebaliknya, cobalah berbahagia bahwa pria incaran Anda berada di depan Anda dalam suasana makan malam romantis.

Kenakan aroma lavender
Menurut studi The University of Maryland memilih aroma yang tepat untuk kencan pertama bisa membantu menenangkan perasaan Anda.

Salah satu aroma yang dianjurkan para peneliti dalam studi tersebut adalah lavender.

Sebab, lavender menebarkan wangi yang membuat tubuh serta pikiran Anda menjadi lebih rileks.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber She Said
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com