Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Salah Pilih Kaca Rias Sumber Rasa Tidak Percaya Diri

Kompas.com - 01/11/2016, 09:22 WIB
Kontributor Lifestyle, Rakhma

Penulis

KOMPAS.com – Kebanyakan wanita senang sekali bereksperimen dengan riasan wajah, entah gaya formal ataupun dramatis.

Satu hal yang pasti hobi tersebut membutuhkan kaca yang tepat agar Anda bisa melihat wajah secara keseluruhan.

Namun, jika Anda memilih kaca dengan teknologi pembesar sebanyak 20 kali, maka Anda harus hati-hati. Sebab, jenis kaca tersebut bisa menjadi sumber rasa tidak percaya diri.

“Kaca rias dengan pembesaran 20 kali bisa ‘membunuh’ Anda. Sebab, Anda hanya akan lihat kekurangan pada kulit wajah. Hal ini tidak sehat karena bisa memotivasi Anda untuk melakukan perbaikan yang sebenarnya tidak dibutuhkan,” jelas Dendy Engelman, M.D, seorang associate dermatologic surgeon di Manhattan Dermatology and Cosmetic Surgery di New York, AS.

Menurut Engelman, mengekspos kulit dengan kaca rias pembesar bisa membuat pikiran Anda hanya fokus pada kekurangan diri. Kebiasaan ini dapat menghancurkan rasa percaya diri wanita.

“Hanya dermatolog yang harus melihat kondisi kulit Anda sedekat itu karena mata kami telah terlatih dan kami tahu kondisi serta solusinya untuk Anda,” imbuhnya.

Namun, jika mata awam melihat guratan atau bercak hitam di kulit wajah, maka Anda bisa mendadak panik sehingga melakukan perawatan tanpa pengawasan pakar.

Selain itu, kaca pembesar akan memanipulasi bentuk jerawat sehingga terlihat seolah parah. Padahal, kondisi yang sesungguhnya tidak demikian.

“Lebih baik gunakan kaca rias dengan pembesaran hanya lima kali. Ukuran itu sudah cukup untuk mengoreksi riasan wajah atau memeriksa kondisi kulit Anda,” pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com