Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/11/2016, 17:03 WIB
Kontributor Female, Agustina

Penulis

KOMPAS.com -- Memiliki hubungan yang kuat adalah dambaan semua pasangan. Namun, memiliki hubungan yang lama bukan berarti Anda dan pasangan memiliki hubungan yang kuat.

Coba simak beberapa contoh di bawah ini untuk mengetahui apakah hubungan yang Anda jalani saat ini cukup kuat.

Anda dan pasangan saling menghargai

Tanpa adanya rasa saling menghargai, Anda dan pasangan akan kesulitan mendapatkan rasa percaya, kejujuran dan intimasi dalam hubungan.

“Saling menghargai dan menghormati adalah kunci awal yang dibutuhkan untuk setiap pasangan dan hal ini biasanya sulit didapat ketika masa pendekatan,” kata Laurel House seorang pakar kencan dan pemberdayaan wanita di acara televisi Famously Single.

Biasanya, rasa saling menghargai ini muncul ketika Anda sudah berkomitmen dengan pasangan dan sering melakukan aktivitas bersama.

Si dia adalah orang pertama yang Anda hubungi saat senang atau pun sedih

Pasangan Anda adalah orang pertama yang ingin Anda beritahu mengenai kisah bahagia atau pun kisah sedih Anda. Sebagai contoh, ketika mendapatkan promosi kerja ataupun ketika hewan peliharaan sedang sakit keras, apakah Anda menghubungi pasangan duluan?

Hal ini memang tidak langsung terjadi dan tentunya harus melalui beberapa proses panjang. Namun, ketika hal ini sudah menjadi kebiasaan artinya hubungan Anda pun sudah mulai menguat.

Dia tidak menghakimi Anda

Anda selalu bisa bercerita apa saja pada pasangan dan begitu juga sebaliknya tanpa perlu merasa takut akan dihakimi.

“Tidak ada seorang pun yang merasa senang ketika dihakimi, apalagi oleh pasangannya”, kata Antonia Hall, MA, seorang psikolog, ahli hubungan, dan juga penulis buku The Ultimate Guide to a Multi-Orgasmic Life.

Anda dan pasangan saling percaya

Kalau sudah memiliki hubungan yang kuat, Anda tidak akan keberatan kalau pasangan pergi bersama teman-temannya.

“Rasa percaya dan saling menghargai adalah fondasi dasar untuk hubungan yang sehat,” ucap Andrea Syrtash, seorang pakar hubungan.

Tanpa adanya rasa percaya dan saling menghargai, hubungan Anda tidak akan berhasil.

Anda bisa bertengkar dengan pasangan Anda dan tidak takut kehilangannya

Sebahagia apapun sebuah hubungan pasti akan mengalami sebuah perbedaan pendapat yang bisa memicu pertengkaran. Akan tetapi, satu pertengkaran bukan berarti Anda akan berpisah dengan pasangan.

Bertengkar adalah hal yang wajar dan merupakan bagian dalam sebuah hubungan. Justru hal ini bisa menjadi pelajaran untuk bisa memahami keinginan masing-masing dan mencoba mencari jalan keluarnya bersama. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com