Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/11/2016, 15:05 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

KOMPAS.com -- Anak-anak biasanya sangat senang ketika dibelikan mainan baru. Begitu memegangnya, biasanya anak akan langsung berlari ke kamar untuk mengeksplorasi mainan tersebut sendirian.

Nah, perlu Anda ketahui, justru di sinilah peran orangtua sangat dibutuhkan.

“Mainan tidak hanya cukup dibeli, tetapi yang terpenting adalah interaksi antara orangtua dan anak,” tutur Lina Paulina, Vice President Mothercare dan Early Learning Centre (ELC), usai acara peluncuran koleksi Christmas Toys ELC di Jakarta, Selasa (15/11/2016).

Dia melanjutkan, interaksi yang dilakukan orangtua bisa berlanjut dari saat membelikan ke setelah membelikan.

Dalam tahap ini, jelaskan manfaat-manfaat dari mainan tersebut dan apa saja yang bisa anak-anak lakukan melalui mainan yang mereka miliki.

Lina memberikan contoh, seorang anak perempuan dibelikan permainan masak-masakan. Sebagai orangtua dari anak perempuan tersebut, seharusnya orangtua ikut bermain dengan sang buah hati dan memberikan mereka pengetahuan mengenai dasar-dasar memasak.

Walaupun mainan tidak seperti kenyataan, tetapi mereka akan mengingat hingga dewasa apa yang telah Anda ajarkan semasa kecil.

“Jadi di situlah peran orangtua sangat penting. Orangtua tidak hanya membeli mainan dan membiarkan anaknya bermain sendirian,” ujarnya.

Melalui interaksi ini, Anda tidak hanya memberikan edukasi, tetapi juga membina kedekatan dengan buah hati tercinta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com